Selasa 05 Oct 2021 15:30 WIB

Empat Tujuan Penting Perayaan Maulid Nabi

Ada empat tujuan penting dibalik perayaan Maulid Nabi.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Rais Syuriah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Patokbeusi Subang Kyai Adang Kosasih mengatakan bahwa ada empat tujuan penting dibalik perayaan Maulid Nabi.

Pertama, yaitu sebagai bentuk tasyakur kepada Allah SWT atas kelahiran Rasulullah SAW sebagai pembawa cahaya yang menyelamatkan manusia dari kegelapan. Kedua, untuk memuji perjuangan dan jasa Rasulullah.

Baca Juga

“Karena alam ini tidak akan tercipta jika tidak ada syafaat Nabi Muhammad SAW, sebagaimana tercantum dalam hadits qudsi, ‘لَوْلَاكَ لَمَا خَلَقْتُ الْأَفْلَاك‏ (Jika engkau tidak ada, Aku tidak akan menciptakan alam semesta)” tuturnya yang dikutip di NU Online, Selasa (5/10).

Tujuan penting ketiga dari perayaan Maulid adalah mencari ilmu untuk mempertebal keimanan dan akidah terhadap ajaran tauhid dan memahami hukum-hukum dalam Islam. Terakhir, lil uswah, seperti yang telah jelas tertera dalam Alquran bahwa Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi manusia. 

 

“لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ (Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu),” ujarnya, mengutip potongan surah Al-Ahzab ayat 21.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement