Selasa 05 Oct 2021 14:00 WIB

Sebelum Panjatkan Doa, Ada Tiga Hal yang Perlu Dilakukan

Rasulullah memberikan panduan kepada umatnya bagaimana tata cara berdoa yang baik

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Rasulullah SAW pun telah memberikan panduan kepada umatnya bagaimana tata cara berdoa yang baik. Tentu agar doa tersebut segera terkabul. Ada tiga hal yang perlu diucapkan sebelum menyampaikan permohonan doa.

Pertama ialah awali doa dengan terlebih dulu mengagungkan Allah Yang Maha Esa, sebagaimana yang diajarkan dalam Islam. Kedua, yaitu memuji Allah Yang Maha Tinggi.

Baca Juga

Lalu ketiga ialah mendoakan atau bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Keempat, barulah sampaikan permohonan atau doa kepada Allah SWT mengenai apa yang dibutuhkan.

Rasulullah SAW pernah mendengar seorang laki-laki berdoa dalam shalatnya tapi tidak mengagungkan Allah SWT dan juga tidak bershalawat kepada Nabi SAW. Lalu beliau berkata, "Orang ini terburu-buru."

 

Lantas Nabi SAW memanggil orang tersebut, dan bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian melaksanakan sholat, maka hendaknya (pertama) memulai dengan mengagungkan Tuhannya Yang Maha Agung dan Perkasa, (kedua) dengan memuji kepada-Nya, (ketiga) dengan bershalawat kepada Nabi SAW, (keempat) kemudian berdoa dengan apa yang ia inginkan." (HR Abu Dawud)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement