Rabu 06 Oct 2021 13:53 WIB

Khawatir Taliban, 101 Musisi Afghanistan Melarikan Diri

Mereka mendarat di Doha, Qatar, pada Ahad malam (3/10).

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Khawatir Taliban, 101 Musisi Afghanistan Melarikan Diri. Anggota Taliban duduk di depan mural yang menggambarkan seorang wanita di balik kawat berduri di Kabul, Afghanistan, Selasa, 21 September 2021.
Foto:

Taliban kembali berkuasa pada 15 Agustus 2021. Kelompok ini sebelumnya melarang musik secara langsung selama pemerintahan keras mereka dari 1996 hingga 2001.

Namun kali ini, mereka telah menjanjikan karakteristik pemerintahan yang lebih moderat. Meskipun, mereka telah menjelaskan mereka akan menjalankan Afghanistan dalam batas-batas yang membatasi interpretasi mereka terhadap hukum Islam.

Sementara itu, posisi gerakan taliban itu terhadap Muslim dinilai tidak konsisten dan belum ada perintah yang jelas yang dikeluarkan. Pada sebuah aksi parade Taliban di luar kota Kabul akhir pekan ini, misalnya, musik religi dimainkan menjelang pidato oleh para menteri dan tokoh senior Taliban.

Selama kunjungannya ke kampus musik tersebut di Kabul bulan lalu, tidak ada suara musik. Namun, ada tentara Taliban yang tampak mengobrol dan penjaga bersenjata yang menenteng senapan serbu Kalashnikovs di halaman gedung sekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement