Sebagian Besar Muslim Amerika Alami Islamofobia 

Kamis , 07 Oct 2021, 04:38 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Muslimah Amerika/ilustrasi
Muslimah Amerika/ilustrasi

IHRAM.CO.ID,  WASHINGTON -- Survei yang dirilis pekan lalu oleh Othering and Belonging Institute di UC Berkeley menemukan bahwa, sebagian besar Muslimah Amerika Serikat (AS) mengalami Islamofobia dalam hidup mereka.

 

Terkait

Survei dipublikasikan oleh Direktur institut Elsadig Elsheikh, dan peneliti Basima Sisemore. Survei tersebut memperhitungkan tanggapan dari 1.123 penduduk Muslim yang bekerja atau tinggal di Amerika.

Baca Juga

"Salah satu kesimpulan menyeluruh bagi saya secara pribadi adalah betapa umum dan meluasnya Islamofobia, dan seberapa besar dampaknya terhadap kehidupan Muslim Amerika," kata Sisemore dalam sebuah email, dilansir dari laman Daily California pada Rabu (6/10).

"Kita tahu bahwa Islamofobia ada dan itu bukan hal baru di Amerika Serikat, namun, konsensus Muslim AS yang menegaskan kenyataan ini sangat mengejutkan," lanjutnya. 

Sisemore mencatat bahwa 67,5 persen dari peserta telah mengalami Islamofobia dalam hidup mereka. Sementara 62,7 persen dari peserta mengatakan teman atau keluarga mereka telah dipengaruhi oleh kebijakan federal dan negara bagian yang diskriminatif.  Selanjutnya, 93,7 persen responden mengatakan kesejahteraan emosional mereka telah dipengaruhi oleh Islamofobia.