Jumat 08 Oct 2021 10:48 WIB

Besarnya Ganjaran Haji Mabrur

Ibadah haji itu bisa menghapus dosa-dosa orang yang mengerjakannya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Besarnya Ganjaran Haji Mabrur
Foto:

Bahkan Allah Subhanahu wa Ta'ala menyiapkan surga bagi orang-orang yang telah berhaji. Syaratnya, hajinya itu mabrur.

Maksudnya ia tidak sekadar melaksanakan ritual haji semata, tetapi nilai-nilai dari haji diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Sehingga orang yang mabrur hajinya dapat terlihat dari kesehariannya.

Di antara tandanya adalah ia akan mudah untuk membantu orang lain, senang bersedekah sehingga hilang sifat pelitnya. Selain itu, akhlak dan ucapannya terjaga sehingga tidak menyakiti orang lain.

Salah satu tanda lainnya adalah senantiasa mengucapkan salam kepada orang lain yang dijumpainya. Artinya, mukanya tidak masam ketika bertemu orang lain. Justru ia memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  اَلْعُمْرَةُ اِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَابَيْنَهُمَا وَالْحَجُّ الْمَبْرُوْرُ لَيْسَ لَهُ خَزَاءٌ اِلَّا الْجَنَّةُ ,فَقَالَ رَجُلٌ يَارَسُوْلَ اللَّهِ مَابِرُّ الْحَجِّ قَالَ اِطْعَامُ الطَّعَامِ وَطِيْبُ الْكَلَامِ وَاِفْشَاءُ السَّلَامِ.

 

Rasulullah ﷺ bersabda: Umroh sampai umroh berikutnya bisa menebus dosa-dosa di antara kedua umroh itu, dan haji mabrur itu tidak ada pahala baginya kecuali surga. Bertanya seorang lelaki: Ya Rasulullah apa itu mabrurnya haji? Rasulullah menjawab: Yaitu memberi makan (hilang sifat pelitnya), bagus perkataannya, dan menyebarkan salam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement