Selasa 12 Oct 2021 06:06 WIB

Agar Pekerjaan tak Tertunda dan Sholat Tepat Waktu

Umat islam disarankan dapat mengatur pekerjaannya agar dapat sholat di awal waktu.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Jamaah beraktifitas usai melaksanakan sholat  di dalam Masjid (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika
Jamaah beraktifitas usai melaksanakan sholat di dalam Masjid (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Umat islam disarankan dapat mengatur pekerjaannya agar dapat sholat di awal waktu.  "Kaidahnya, tugas-tugas perkerjaan diatur agar bisa menunaikan sholat di awal waktu dan berjamah," kata Anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI), Ustadz Oni Sahroni pada Senin (11/10).

Sholat di awal waktu memiliki sejumlah keutamaan bagi mereka yang menjalankannya. Akan tetapi, Ustadz Oni mengatakan, menunda shalat awal waktu diperbolehkan jika ada pekerjaan yang mendesak.

Baca Juga

"Tetapi jika ada hal urgent, maka boleh tugas kemudian tunaikan sholat. Merujuk pada hadits keutamaan sholat di awal waktu dan kaidah-kaidah fikih prioritas," ucap Ustadz Oni.

"Ditunda, maksudnya tidak di awal waktu tetapi tetap pada waktunya," lanjutnya.

 

Adapun shalat di awal waktu amalan yang terbaik

 عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال: سألت النبي صلى الله عليه وسلم أي العمل أحب إلى الله؟ قال: “الصلاة على وقتها”, قلت: ثم أي؟ قال: “بر الوالدين”, قلت: ثم أي؟ قال: “الجهاد في سبيل الله”,

Dari Abdullah Ibnu Mas'ud Rhadiyallallu anhu berkata, 'Aku bertanya kepada Nabi Muhammad ﷺ tentang amalan apakah yang paling disukai oleh Allah Ta'ala? Beliau menjawab, "Shalat pada waktunya". Kemudian apa? Beliau menjawab, "Berbuat baik kepada kedua orangtua". Kemudian apa? Beliau menjawab, "Jihad fi sabilillah" (HR Bukhari dan Muslim).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement