Kamis 14 Oct 2021 13:31 WIB

Survei: Sistem Pinjaman Rugikan Mahasiswa Muslim Inggris

Sistem pinjaman memengaruhi hampir 100 ribu mahasiswa muslim yang tak ambil pinjaman

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Mahasiswa muslim
Foto: About Islam
Mahasiswa muslim

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian baru mengungkapkan sistem pinjaman di sejumlah universitas Inggris memengaruhi hampir 100 ribu mahasiswa Muslim yang tidak mengambil pinjaman bunga karena dilarang dalam Islam. Pendiri Sensus Muslim Sadiq Dorasat memperkirakan sekitar 100 ribu siswa telah kehilangan haknya hingga saat ini sejak diperkenalkan biaya tahunan 9.000 poundsterling pada September 2012.

“Oleh karena itu, kami mendesak pemerintah untuk membawa Keuangan Mahasiswa Alternatif (ASF) pada September 2022 sehingga kelompok lebih lanjut tidak begitu dirampas," kata Dorasat. Survei yang dilakukan oleh Sensus Muslim menemukan hampir 10 ribu siswa per tahun tidak melanjutkan kuliah seluruhnya atau terpaksa membayar sendiri karena kurangnya bekal dan ASF.

Ada sepuluh kelompok sejak diperkenalkannya biaya kuliah tahunan sebesar 9.000 poundsterling dengan 100 ribu siswa sejauh ini. Dari 36 ribu responden, 71 persen mengatakan mereka merasa sistem keuangan mahasiswa saat ini mendiskriminasi umat Islam.

“Untuk menerima 36 ribu tanggapan dalam satu pekan jauh melampaui harapan tertinggi kami dan mengharuskan kami untuk segera meningkatkan kapasitas server kami untuk menangani volume lalu lintas masuk yang besar,” ujar dia.

Dorasat menunjukkan tanggapan dari responden jelas menunjukkan biaya kehidupan sangat tinggi akibat kurangnya ASF. ASF adalah model pendanaan yang tidak menghasilkan bunga di mana siswa yang merasa tidak dapat mengambil pinjaman tradisional memberikan kontribusi untuk pendidikan siswa masa depan.

Dilansir About Islam, Kamis (14/10), pada tahun 2016, pemerintah Inggris menyetujui pinjaman baru yang sesuai dengan Syariah bagi mahasiswa Muslim untuk meningkatkan keragaman di kampus. Model Takaful yang baru dikatakan memungkinkan siswa untuk melakukan pembayaran ke pot komunal yang akan menguntungkan calon siswa yang ingin melanjutkan ke universitas. Namun, pemerintah Inggris belum menawarkan sistem di mana pinjaman mahasiswa halal semacam itu dapat diambil.

Sistem pinjaman mahasiswa halal dapat memungkinkan mahasiswa Muslim untuk mengambil pinjaman tetapi memberikan kontribusi amal daripada membayar bunga kembali. Inggris adalah rumah bagi minoritas Muslim yang cukup besar, hampir 2,7 juta orang. Islam melarang umat Islam menerima atau membayar bunga pinjaman.

Namun, menurut Dosen Senior dan Cendekiawan Islam Institut Islam Toronto Sheikh Ahmad Kutty, mahasiswa Muslim diperbolehkan mengambil pinjaman mahasiswa jika tidak memiliki alternatif lain. Asalkan mereka tulus dalam niat mereka untuk membayar kembali tanpa dikenakan bunga sesuai dengan kemampuan.

Dr. Shabir Ally juga mengatakan mahasiswa Muslim diperbolehkan mengambil pinjaman. Dia mencatat sementara mengambil bunga adalah haram dalam Islam, memberikan bunga ketika umat Islam terdesak adalah hal yang berbeda.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement