Permata Warisan Jeddah Jadi Pusat Perhatian Festival Film

Rabu , 20 Oct 2021, 18:00 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Permata Warisan Jeddah Jadi Pusat Perhatian Festival Film. Foto:   Teluk Obhur di Jeddah, Arab Saudi menduduki puncak daftar tujuan wisata populer karena sejarahnya yang sudah lama berdiri.
Permata Warisan Jeddah Jadi Pusat Perhatian Festival Film. Foto: Teluk Obhur di Jeddah, Arab Saudi menduduki puncak daftar tujuan wisata populer karena sejarahnya yang sudah lama berdiri.

IHRAM.CO.ID,JEDDAH -- Jeddah akan mengatur sebuah panggung dunia untuk Festival Film Laut Merah tahunan ke-3 di Situs Warisan UNESCO yang ikonik. Jeddah merupakan kota dengan pemandangan budaya yang berkembang pesat.

 

Terkait

Baca Juga

Jeddah, yang dikenal sebagai “Pengantin Laut Merah”, selalu menjadi pusat keragaman dan inklusivitas. Di kota ini, budaya di seluruh dunia bergabung dan menciptakan persimpangan unik antara Timur dan Barat, menampilkan identitas multikulturalisme yang terus berkembang.

Festival Film Internasional Laut Merah adalah festival tahunan yang diadakan di kawasan bersejarah paling menggugah di Saudi, Kota Tua Jeddah. Festival ini dibuat untuk melestarikan keragaman budaya dan etnis kota yang kaya.

Dilansir di Arab News, Rabu (20/10), keberadaan festival film ini juga bertujuan untuk menyoroti kehadiran sinematik Jeddah sejak 1970-an, mempromosikan pertukaran lintas budaya, sembari mendorong pertumbuhan industri film Arab, memposisikan Arab Saudi sebagai kontributor signifikan bagi industri film internasional.

Berlangsung dari 6-15 Desember 2021, kegiatan ini akan berusaha mendukung dan mendorong pertumbuhan komunitas film lokal melalui penanaman apresiasi film, serta peningkatan pengetahuan industri agar berkontribusi pada pengembangan industri film di Arab Saudi.

"Kota Tua Jeddah, atau dikenal sebagai ‘Al-Balad’, rumah kami untuk Festival Film Internasional Laut Merah yang sangat signifikan dan berarti bagi kami. 'Al-Balad' menelusuri kembali ke akar kita di Kerajaan, sebuah permata kota Jeddah yang memadukan sejarah dan unsur modern dalam harmoni yang sempurna," kata , Ketua Komite Festival, Mohammed Al-Turki.

Ia juga menyebut merasakan suatu kehormatan sejati, bisa memiliki situs warisan dunia UNESCO dan menjadi pusat festival film terbesar di kawasan tersebut. Adanya kegiatan ini juga akan menempatkan Kerajaan di peta panggung film global.

Adapun festival ini akan menampilkan film-film terbaik dari wilayah tersebut dan tontonan eksklusif dari pilihan judul-judul yang diakui secara internasional di seluruh dunia yang dikuratori dengan cermat.

Acara tahunan ini menjadi kesempatan terbaik bagi pemuda Saudi untuk menemukan budaya global melalui kekuatan sinema, serta berkontribusi pada industri film Saudi yang terus berkembang.

Sebagai bagian dari program komunitas untuk mendidik penggemar film Saudi tentang akting, penyutradaraan dan produksinya, Festival Film Laut Merah juga meluncurkan pemutaran film dan kelas master. 

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/1950506/saudi-arabia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini