Kamis 21 Oct 2021 06:11 WIB

Penyelam Israel Temukan Pedang dari Bekas Tentara Salib

Pedang membawa ke 900 tahun lalu saat perang Salib.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Pedang diduga berasal dari Tentara Salib.
Foto: AP
Pedang diduga berasal dari Tentara Salib.

IHRAM.CO.ID, JERUSALEM -- Seorang penyelam scuba Israel telah menemukan pedang kuno di lepas pantai Mediterania negara itu. Menurut para ahli pedang tersebut diduga berasal dari Tentara Salib.

"Itu ditemukan bertatahkan organisme laut, tetapi tampaknya terbuat dari besi," kata inspektur di otoritas unit pencegahan perampokan, Nir Distelfeld.

Baca Juga

Otoritas Kepurbakalaan Israel mengatakan pada Senin (18/10), bahwa pria itu sedang melakukan penyelaman akhir pekan di Israel utara. Kemudian dia melihat artefak kuno yang mencakup jangkar, tembikar, dan pedang sepanjang satu meter.

Penyelam itu berada sekitar 150 meter di lepas pantai di perairan sedalam lima meter ketika menemukan benda-benda tersebut. Para ahli mengatakan daerah itu menyediakan tempat berlindung bagi kapal-kapal kuno dan merupakan rumah bagi banyak harta arkeologi, beberapa di antaranya berusia 4.000 tahun. Namun, penemuan seperti itu bisa sulit dilakukan karena pasir yang terus berubah.

Khawatir penemuan itu mungkin terkubur kembali, penyelam itu pun akhirnya memutuskan untuk membawa pedang itu ke darat. Dia mengirimkan benda yang dibawanya ke pakar pemerintah. Senjata itu diperkirakan berusia 900 tahun.

"Sangat menyenangkan untuk menemukan objek pribadi seperti itu, membawa Anda 900 tahun yang lalu ke era yang berbeda, dengan ksatria, baju besi, dan pedang," kata Distelfeld.

Pedang harus dibersihkan dan dianalisis lebih lanjut. Sementara penyelam yang diidentifikasi sebagai Shlomi Katzin diberi sertifikat penghargaan sebagai warga negara yang baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement