Jumat 22 Oct 2021 02:02 WIB

Indonesia Ditargetkan Jadi Pusat Industri Halal Dunia

Indonesia ditargetkan menjadi pusat industri halal dunia di 2024.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agung Sasongko
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto:

Dalam kesempatan ini, Presiden juga berharap para pelaku usaha dan eksportir Indonesia membantu mempercepat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Mari kita bersama-sama berkontribusi pada pemulihan dan pertumbuhan ekonomi untuk Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” ujar dia.

Lebih lanjut, Jokowi juga mendorong agar kerja sama dan perdagangan global segera diaktifkan setelah pandemi Covid-19 mulai melandai di Indonesia. Pada tahun ini, nilai ekspor Indonesia tercatat telah mencapai puncaknya yakni sebesar 142,01 miliar dollar AS dan tumbuh 37,7 persen year on year.

Kendati demikian, ia meminta agar daya saing terus ditingkatkan karena Indonesia memiliki peluang tumbuh yang lebih tinggi. Tak hanya itu, potensi pasar ekspor Indonesia pun masih terbuka lebar. 

 

“Karena potensi pasar ekspor masih terbuka lebar, mitra dagang kita juga mulai pulih. Dan kuartal kedua 2021 Tiongkok tumbuh 7,9 persen yoy, Amerika Serikat tumbuh 12,2 persen, Jepang tumbuh 7,6 persen, dan India bahkan tumbuh 20,1 persen,” ucap Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement