Kamis 28 Oct 2021 13:11 WIB

Balasan Memakan Harta Riba

Ada sejumlah riwayat yang mengungkap balasan memakan riba.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Dampak praktik riba. (ilustrasi)
Foto:

Dibangkitkan jadi kera dan babi karena makan riba

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:  وَالَّذِىْ نَفْسِىْ بِيَدِهِ لَيُبَيِّتَنَ أُنَاسٌ مِنْ أُمَّتِى عَلَى أَشَرٍ وَبَطَرٍ وَلَهْوٍ وَلَعِبٍ فَيِصْبَحُوْاقِرَدَةً وَخَنَازِيْرَ بِاسْتِحْلَالِهِمُ الْمَحَارِمَ وَاتِّخَاذِهِمُ الْقَيْنَاتٍ وَشُرْبِهِمُ الْخَمْرَ وَبِأَكْلِهِمُ الرِّبَاوَلُبْسِهِمُ الْحَرِيْرَ.

Rasulullah ﷺ bersabda: Demi Allah yang diriku ada pada kekuasaan Nya, sungguh bakal menjadi manusia-manusia dari umatku dalam kesombongan dan keangkuhan, kesia-siaan dan permainan. Maka pada pagi (ketika dibangkitkan pada hari kiamat) mereka menjadi kera dan babi sebab mereka menghalalkan barang-barang yang haram, dan sebab memanggil biduan, dan sebab meminum khamar dan sebab makan riba dan memakai kain sutra.

  

Besarnya dosa makan riba 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : دِرْهَمُ رَبًايَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَيَعْلَمُ أَشَدُّمِنْ سِتَّةٍ وَثَلَاثِيْنَ زَيْنَةً. 

 

Rasulullah ﷺ bersabda: Uang satu dirham dari riba yang dimakan seorang lelaki padahal ia mengetahui itu lebih berat dosanya dari pada tiga puluh enam kali perbuatan zina. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement