Jumat 29 Oct 2021 12:32 WIB

Lutalo Muhammad: Saya Bangga Berkulit Hitam di Inggris

Lutalo Muhammad menilai sejarah Inggris tentang orang kulit hitam harus diketahui

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Masjid di Inggris.
Foto: Central Mosque Rochdale
Masjid di Inggris.

IHRAM.CO.ID, LONDON – Untuk menandai Black Historical Month, peraih medali Olimpiade Muslim Lutalo Muhammad menekankan pentingnya merayakan peringatan itu untuk mengungkapkan kontribusi orang kulit hitam bagi sejarah Inggris. Menurut dia, sejarah Inggris tentang orang kulit hitam harus diketahui oleh seluruh masyarakat.

“Sejarah Inggris kulit hitam adalah sejarah Inggris dan saya pikir bukan hanya orang kulit hitam yang tahu tentang kemenangan dan kontribusi signifikan untuk negara ini,” tulis Muhammad dalam kolom BBC Sport.

Artikel Muhammad muncul saat Inggris menandai Bulan Sejarah Hitam yang diperingati pada Oktober ini untuk mengingat dan merayakan peristiwa penting dan orang-orang dalam sejarah Diaspora Afrika. Program acara tahunan berasal dari tahun 1926, biasanya ditandai di Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, dan Belanda.

Dalam artikel tersebut, Muhammad merefleksikan kedatangan kakek-neneknya di Inggris dari Jamaika. Kakek-nenek hingga orang tuanya memberi pengaruh besar terhadap Muhammad, terutama membawa dirinya mengenal taekwondo.

 

“Kakek-nenek saya dan mayoritas generasi yang pindah ke sini adalah orang-orang yang terampil. Itulah pola pikir mereka, ‘Lindungi ibu negara dan hadiahnya adalah kewarganegaraan.’ Namun, ketika mereka datang ke sini, mereka menghadapi banyak rasialisme dan kebencian,” ujar dia.

Dilansir About Islam, Jumat (29/10), Muhammad percaya kesempatan Bulan Sejarah Hitam penting sebagai awal dari sesuatu yang lebih nantinya. Dalam peringatan ini juga, kisah-kisah Inggris kulit hitam banyak diceritakan kepada generasi berikutnya.

“Saya memikirkan leluhur saya, pengorbanan mereka. Itulah mengapa saya pikir penting untuk tidak pernah melupakan sejarah Anda, untuk tidak pernah melupakan dari mana Anda berasal,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement