Ahad 31 Oct 2021 10:48 WIB

Saat Abu Bakar Perintahkan Zaid Mengumpulkan Alquran

Wafatnya para penghafal Alquran membuat Abu Bakar khawatir.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Saat Abu Bakar Perintahkan Zaid Mengumpulkan Alquran. Salah satu contoh Mushaf Alquran kuno dari daun lontar
Foto:

Abu Bakar menjawab: "Demi Allah, itu lebih baik." Kemudian tiada henti-hentinya Abu Bakar berusaha meyakinkanku sampai Allah melapangkan dada ini untuk sesuatu yang lebih dahulu dilapangkan oleh-Nya kepada Abu Bakar dan Umar. 

Setelah itu, aku segera meneliti Alquran, dan mengumpulkan ayat-ayatnya dari dahan pohon dan pelepah kurma, serta memastikannya langsung dari hafalan para Sahabat ternama hingga ditemukan akhir surah At-Taubah dari Khuzaimah al-Anshari, yang tidak aku dapati dari selainnya, yaitu: 

"Sungguh, telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman. Maka jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah (Muhammad): 'Cukuplah Allah bagiku, tidak ada ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Rabb yang memiliki Arsy (singgasana) yang agung." (QS. At-Taubah ayat 128-129).

Kemudian shuhuf (kumpulan ayat atau mushaf Alquran pertama) tersebut diserahkan kepada Khalifah Abu Bakar sampai meninggal, lalu disimpan di kediaman Umar al-Faruq sampai meninggal, dan akhirnya dipegang oleh Hafshah binti Umar." (HR Bukhari).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement