Rabu 03 Nov 2021 11:19 WIB

Sejarah Baru Dibangun di Piramida Giza

Belum pernah ada pameran seni rupa kontemporer di piramida Giza.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Pameran kontemporer di Piramida Giza
Foto:

Pementasan 10 instalasi seni kontemporer oleh seniman Timur Tengah dan internasional bukanlah hal yang mudah, tetapi Nadine Abdel Ghaffar selaku pendiri dan direktur Art D’Egypte, tidak menyerah.

“Jika saya tahu betapa sulitnya mementaskan pertunjukan ini, saya mungkin akan menghindarinya. Para arkeolog biasanya tidak tertarik dengan ide seni kontemporer, jadi butuh banyak waktu untuk meyakinkan mereka menggelar pertunjukan ini di piramida," kata dia.

Menempatkan seni di lokasi tersebut seolah membuat pernyataan kepada dunia. Piramida bukan hanya warisan Mesir tetapi juga warisan dunia. Piramida disebut satu-satunya keajaiban kuno yang masih berdiri. Sampai saat ini belum pernah ada pameran seni rupa kontemporer di piramida Giza.

Seniman asal Saudi, Fahad, menampilkan karya seni yang disebut 'R III'. Karyanya ini berupa labirin kubus putih bertumpuk yang menyajikan prasasti hieroglif milik Raja Ramses III. Prasasti itu ditemukan oleh para arkeolog Saudi di bagian utara Kerajaan.

Kubus milik Fahad dibingkai oleh bentuk-bentuk kuat dari piramida di dekatnya, yang berkilauan saat dilihat di bawah sinar bulan. Karya ini seolah menyelidiki akar sejarah antara Mesir dan Arab Saudi.

Salah satu instalasi yang paling populer dan mungkin mengharukan adalah “Together” karya seniman Quinn. Ia berusaha memperlihatkan dua tangan yang disatukan, dalam apa yang tampak seperti sebuah doa. Dua buah tangan diposisikan sedemikian rupa hingga ujung piramida dapat dilihat dari sisi dalam tangan itu.

Art d'Egypte berencana untuk tetap menempatkan karya-karya seni pameran ini berada di Mesir, meski pertunjukan telah berakhir. Seperti judul pameran, 'Forever is Now', serta warisan piramida, lembaga ini ingin mereka terus hidup baik secara metaforis maupun fisik, dengan membawa kenangan pameran seni kontemporer di piramida yang pasti akan berdiri kokoh menghadapi ujian waktu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement