Jumat 05 Nov 2021 04:05 WIB

 5 Ungkapan Islami Populer Masuk Budaya Pop

Ada 5 ungkapan Islami populer masuk budaya pop.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
 Pejuang seni bela diri campuran Rusia (MMA), pemegang gelar ringan UFC Khabib Nurmagomedov menghadiri konferensi pers di Moskow, Rusia, 02 Desember 2020. Nurmagomedov mengatakan dia tidak berniat mundur dari keputusan pensiunnya yang diumumkan pada 24 Oktober 2020 setelah mengalahkan Justin Gaethje dari AS dan mempertahankan gelar ringannya di UFC 254 di Abu Dhabi.
Foto:

3. Wallahi

Ungkapan wallah atau wallahi paling sering terdengar dalam percakapan panas sebagai pernyataan kejujuran, dan seruan akan kebenaran sesuatu yang tampaknya mustahil.

Sebuah istilah yang umum digunakan di kalangan pemuda London, terlepas dari latar belakang etnis mereka, wallah secara harfiah berarti "demi Allah". Dalam percakapan biasa, meminta seseorang untuk "Say wallah" adalah fungsi yang setara dengan menanyakan seseorang "Apakah kamu serius?"

Sebagai pengambilan sumpah atas nama Tuhan, secara agama tidak  digunakan dalam proklamasi biasa tetapi dimaksudkan untuk menyampaikan keseriusan suatu klaim kebenaran. Dengan menggunakan frase, seseorang bersumpah demi Tuhan bahwa apa yang mereka katakan adalah kebenaran mutlak. Oleh karena itu, klaim harus dianggap benar oleh semua orang yang mendengarnya, dan membuat sumpah palsu adalah dosa besar dalam Islam.

Tidak asing dengan kosakata bahasa Arab, Drake menyatakan "ini adalah berkah, mashallah, wallahi, aku bersumpah kisah hidupku lebih baik daripada cerita yang mereka ceritakan tentang aku", dalam remix Sweeterman-nya.

4. Mashallah

Ungkapan mashallah berarti "itu adalah apa yang dikehendaki Tuhan" dan digunakan untuk memberi selamat kepada seseorang atas nasib baik mereka, dan untuk melindungi orang lain dari "mata jahat".

Beberapa percaya bahwa memberi seseorang pujian tanpa mengucapkan "mashallah" adalah tanda kecemburuan dan kecemburuan, dan dapat membahayakan orang yang menerimanya.

Bahkan ada genre meme dengan judul "ketika Anda tidak mengatakan mashallah", yang mengolok-olok nasib buruk orang. Bagi umat Islam, ungkapan tersebut adalah pengingat bahwa semua nasib baik pada akhirnya berasal dari Tuhan, dan pengingat untuk mengungkapkan rasa syukur dan kepuasan dengan kondisi mereka.

Namun seperti istilah lain yang muncul di sini, istilah tersebut telah meresap ke dalam budaya populer dan bahkan dapat ditemukan dalam lirik lagu. Rapper kelahiran Trinidad, Nicki Minaj menggunakan ekspresi dalam vokal tamunya untuk remix Plain Jane A$AP Ferg 2017 dengan rap: "Berkendara dengan Minaj, mashallah, check-in dengan saya, lalu lakukan pekerjaan Anda."

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement