Dua Tujuan Utama Standardisasi dan Peran Penting Dai

Jumat , 05 Nov 2021, 19:36 WIB Reporter :Fuji Eka Permana, Muhyiddin, Rossi Handayani,/ Redaktur : Agung Sasongko
Dakwah islamiyah (ilustrasi).
Dakwah islamiyah (ilustrasi).

Positif 

 

Terkait

Komisi Dakwah mengungkap sudah ada sekitar 1.000 orang lebih yang mendaftar program standarisasi dai MUI. Namun hanya 300 orang yang akan mengikuti program standarisasi dai MUI sampai akhir tahun.

"Yang mendaftar program standarisasi dai MUI ada 1.000 lebih, tetapi kita seleksi per angkatan hanya 50 orang, jadi dari 1.000 orang itu diambil hanya 300 orang untuk enam kelompok," kata Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Ahmad Zubaidi.

Kiai Zubaidi mengatakan, pendaftaran program standarisasi dai MUI terus dibuka. Jadi jumlah pendaftarnya akan lebih dari 1.000 orang. Setiap kelompok ada 50 orang yang mengikuti program standarisasi dai MUI. Mereka mengikuti program tersebut di kantor pusat MUI.

"Program dilaksanakan dengan protokol kesehatan sangat ketat, semua peserta program standarisasi dai MUI melakukan swab antigen di tempat sebelum masuk," ujarnya.

Para dai yang mengikuti program ini berasal dari berbagai ormas Islam. Tapi mereka mengikuti standarisasi dai MUI secara individu.

Kiai Zubaidi menegaskan target dari program standardisasi tersebut adalah melahirkan dai-dai berkompeten dalam bidang dakwah. Menurut Kiai Zubaidi, para dai tidak hanya diberikan pemahaman yang sifatnya penguasaan materi, tapi juga dalam metode berdakwah.

“Target standardisasi ini adalah ingin melahirkan dai-dai yang memiliki kompetensi yang cukup dalam dakwah baik dari segi penguasaan materi keagamaan, kebangsaan,” katanya.