Jumat 05 Nov 2021 19:36 WIB

Dua Tujuan Utama Standardisasi dan Peran Penting Dai

Program standardisasi dai ini memiliki dua tujuan utama.

Rep: Fuji Eka Permana, Muhyiddin, Rossi Handayani,/ Red: Agung Sasongko
Dakwah islamiyah (ilustrasi).
Foto:

Diseleksi

Waktu sedandarisasi tidak panjang hanya sekitar 16 jam yang dilaksanakan dalam satu hari. Sebab peserta yang mengikuti standardisasi ini  berasal dari para dai yang sudah praktik berdakwah di tengah masyarakat. 

Kiai Zubaidi menerangkan, peserta program standarisasi diseleksi dari peserta yang mendaftar. Peserta yang diundang mengikuti standardisasi adalah mereka yang memiliki kualifikasi, di antaranya sudah banyak kiprah dakwahnya dan diutamakan sudah pernah mengikuti pelatihan dai sebelumnya.

photo
Sejarah Islam mengenal kertas (ilustrasi) - (republika)

"Dengan standardisasi ini, para dai, justru dibukakan akses dakwahnya lebih luas lagi, mengingat sekarang di masyarakat banyak instansi atau masjid atau lembaga penyiaran mengutamakan dai-dai yang direkomendasikan oleh lembaga dakwah termasuk MUI," ujar Kiai Zubaidi.

Ia menegaskan, bahkan ketika akan dakwah ke luar negeri pun, biasanya diminta rekomendasinya dari lembaga dakwah, dan sertifikat standardisasi dapat menggantikan keperluan tersebut. Jadi dengan sertifikat standardiasi dai MUI justru seorang dai akan lebih mudah lagi dalam mengambangkan dakwahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement