Jumat 05 Nov 2021 20:43 WIB

Brazil Mulai Garap Wisata Halal

Kota Foz do Iguau, Brazil dibidik menjadi destinasi wisata ramah Muslim

Rep: Meiliza Laveda, Dedy Darmawan, Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
 Muslim Brazil saat melaksanakan shalat jamaah di salah satu masjid di Rio de Janeiro.
Foto: insideislam.wisc.edu
Muslim Brazil saat melaksanakan shalat jamaah di salah satu masjid di Rio de Janeiro.

IHRAM.CO.ID, Oleh: Meiliza Laveda, Dedy Darmawan, Fauziah Mursid

JAKARTA -- Kota Foz do Iguau, Brazil dibidik menjadi destinasi wisata ramah Muslim. Pasalnya, kota tersebut menyimpan potensi untuk menarik lebih banyak wisatawan bila mengembangkan wisata ramah Muslim.

Baca Juga

Kota Foz do Iguau memiliki populasi orang Arab 20 ribu. Jumlah itu sekitar tujuh persen dari 260 ribu dan banyak dari mereka Muslim. Ribuan orang Arab juga tinggal di sisi Paraguay.

Tempat ibadah Islam utama di Amerika Latin Masjid Omar bin Al-Khattab adalah peninggalan sejarah Arab di sana. Foz do Iguaçu memiliki banyak restoran dan toko milik orang Arab. Tur kota tradisional yang ditawarkan oleh pemandu wisata lokal mencakup rencana perjalanan Arab.

 

Adalah CEO Cdial Halal Ali Saifi, sebuah perusahaan sertifikasi halal di Brasil menjadi sosok dibalik rencana ambisius tersebut.  Ia mengatakan wisata halal bisa menjadi keuntungan bagi bisnisnya.

photo
Lima Langkah Berwisata Aman Saat Pandemi Covid-19 - (Republika)

 “Sudah ada infrastruktur halal yang bagus untuk melayani masyarakat setempat. Kami hanya perlu membawa prinsip-prinsip itu ke hotel dengan bantuan pemerintah,” kata Saifi, dilansir Arab News, Kamis (4/11).

Dengan memperhatikan 1,9 miliar Muslim di seluruh dunia, Wali Kota Chico Brasileiro segera menerima gagasan tersebut.

“Kota kami memiliki salah satu keajaiban alam dunia yang tentunya akan menarik banyak Muslim. Kami ingin memperluas keabadian mereka di sini dengan membuat mereka merasa nyaman dengan keluarga mereka,” ujar dia.

Agen Tur Patrik Dinis yang menawarkan rencana perjalanan Arab kepada kliennya di Foz do Iguaçu dan Ciudad del Este mengatakan turis Brazil sangat tertarik untuk mengenal budaya Arab di kota Foz do Iguaçu. “Budaya Arab terlihat di manapun, mulai dari masjid hingga sekolah Arab dan wanita mengenakan jilbab di jalanan. Bagi wisatawan Muslim, mereka akan merasa seperti di rumah,” kata dia.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement