Ahad 07 Nov 2021 21:29 WIB

Wanita Saudi Mulai Masuki Dunia Kerja

Ada ribuan wanita Saudi mulai masuki dunia kerja.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Sara Al-Anizi adalah perempuan Arab Saudi yang memilih profesi sebagai sopir ambulans.
Foto: Saudi Gazette
Sara Al-Anizi adalah perempuan Arab Saudi yang memilih profesi sebagai sopir ambulans.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Visi 2030 yang digagas oleh Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman membuat banyak perubahan, salah satunya wanita mulai memasuki dunia kerja. Reham Al-Ahmed merupakan salah satu bentuk perubahan itu.

Al-Ahmed adalah wanita pertama di keluarganya yang memiliki pekerjaan dari lulusan SMA. Tadinya, orang tuanya tidak ingin ia bekerja. Namun, karena kehidupan di ibu kota yang semakin mahal, Al-Ahmed harus membantu keuangan orang tuanya.

Baca Juga

“Dulu saya merasa bersalah saat meminta apa pun kepada ayah saya, tetapi sejak mulai bekerja, saya bangga bisa membantu dia,” kata Al-Ahmed.

Ada ribuan wanita seperti Al-Ahmed yang tidak terbayangkan turun dalam dunia kerja. Saat ini, tidak ada wanita di kabinet Raja Salman atau dalam peran penasihat senior dan Dewan Syura penasihat hanya memiliki 30 anggota wanita dari 150 orang. Namun, sekarang wanita merupakan 33 persen dari angkatan kerja Saudi, hampir dua kali lipat dari lima tahun lalu.

Di seluruh kelompok usia dan tingkat pendidikan, mereka mengambil pekerjaan yang sebelumnya terbatas pada pria Saudi dan pekerja migran di restoran, supermarket, akuntansi dan perusahaan desain grafis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement