Senin 08 Nov 2021 03:01 WIB

Seluruh Pejabat Kota Beragama Islam, Hamtramck Cetak Sejarah

Seluruh anggoa dewan kota Hamtrack beragama Islam

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Muslim Amerika
Muslim Amerika

IHRAM.CO.ID,  HAMTRAMCK -- Hamtramck, sebuah kota di Wayne County, Michigan, akan mencetak sejarah karena menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang memiliki pejabat kota yang seluruhnya beragama Islam. Amer Ghalib (42 tahun), wali kota yang baru terpilih, dinobatkan sebagai wali kota Arab-Amerika dan Muslim pertama untuk Hamtramck.  

Ghalib dilaporkan memenangkan pemilu dengan perolehan 68 persen suara, mengalahkan Karen Majewski, yang telah menjabat selama empat periode. Bukan hanya dipimpin oleh wali kota Muslim, dewan kota Hamtramck, beranggotakan enam orang, juga akan diisi seluruhnya oleh pejabat Muslim.

Baca Juga

Dalam pemilihan hari Selasa, tiga kandidat yang semuanya Muslim terpilih  dan akan bergabung dengan tiga anggota Dewan Kota saat ini yang juga Muslim. Lima di antaranya adalah pendatang dan satu lagi merupakan keturunan Eropa Timur.

Anggota dewan mengatakan bahwa agama tidak akan berperan dalam keputusan mereka. "Penting untuk diingat bahwa meskipun kita semua kebetulan beragama Islam, kita dipilih melalui proses yang ditetapkan oleh Amerika Serikat, Michigan, Wayne County dan Hamtramck," kata Amanda Jaczkowski, salah satu dari tiga dewan Muslim yang baru terpilih. 

"Kita semua akan bersumpah ... untuk melindungi Konstitusi Amerika Serikat, dan itu termasuk konsep pemisahan gereja dan negara. Saya sangat percaya pada pemisahan itu, dan meskipun saya akan membawa nilai-nilai Islam kejujuran dan integritas. ke meja, kebijakan yang saya promosikan dan tegaskan akan menjadi yang terbaik untuk semua orang di Hamtramck."

Anggota Dewan Kota saat ini Mohammed Hassan menekankan pesan yang sama. "Agama tidak ada di dalam gedung (Balai Kota)," kata Hassan.  

“Agama berlaku di masjid, kuil dan gereja. Bukan di Balai Kota,” tegasnya menambahkan. 

Hassan juga menegaskan bahwa tidak akan ada yang berubah di

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement