Senin 08 Nov 2021 09:49 WIB

Masjid Terbesar Skotlandia Pasang Panel Solar

Masjid terbesar di Skotlandia memasang panel solar dengan tujuan mengurangi emisi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Masjid Edinburgh
Foto: musafireen.com
Masjid Edinburgh

IHRAM.CO.ID, EDINBURGH -- Kelestarian lingkungan sangat penting dalam Islam. Dalam perspektif agama, melestarikan lingkungan didasarkan pada rasa hormat atas hubungan dengan diri sendiri, Allah SWT dan ciptaan-Nya.

Dalam QS Al-An'am ayat 165, Allah SWT berfirman, "Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi dan Dia mengangkat (derajat) sebagian kamu di atas yang lain, untuk mengujimu atas (karunia) yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat memberi hukuman dan sungguh, Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang".

Baca Juga

Sebagai contoh untuk rumah ibadah lainnya, masjid terbesar di Skotlandia telah memasang panel solar dengan tujuan mengurangi emisi. Hal ini dilakukan sejalan dengan inisiatif aksi iklim prioritas yang diluncurkan pada Konferensi Perubahan Iklim PBB, COP26.

"Sebagai penjaga bumi, tanggung jawab moral kita melakukan segala yang kita bisa untuk melindungi planet dan memastikannya dilestarikan untuk generasi mendatang,” kata Sekretaris Jenderal Masjid Pusat Glasgow, Irfan Razzaq, dikutip di About Islam, Senin (8/11).

Ia menyebut manusia sudah terlalu lama mengabaikan fakta ini. Sekarang lah saatnya bagi manusia, terutama Muslim, untuk menyadari kewajiban dan tindakannya.

Inisiatif ini didanai oleh lembaga bantuan Islamic Relief. Nantinya akan dipasang 130 panel surya, dengan tujuan mengurangi sekitar 18.000 kg emisi CO2 per tahun.

 

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement