Senin 08 Nov 2021 15:07 WIB

Apakah Jin Memiliki Rasul dari Kaumnya?

Jumhur ulama berpendapat bahwa rasul-rasul itu semuanya manusia

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Alquran
Foto:

Jumhur Ulama: Semua Rasul Dari Manusia

Mengenai Rasul-rasul yang diutus itu, apakah mereka terdiri dari manusia atau ada pula Rasul-rasul dari golongan jin yang diutus kepada umatnya. Jumhur ulama berpendapat bahwa Rasul-rasul itu semuanya terdiri dari manusia, tetapi bertugas untuk menyampaikan dakwah kepada jin dan manusia,

Jumhur ulama berpendapat, tidak ada Rasul-rasul dari kalangan jin. Alquran dan hadis-hadis sahih menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW juga diutus kepada jin seperti tersebut dalam ayat berikut ini.

"Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan kepadamu (Muhammad) serombongan jin yang mendengarkan (bacaan) Alquran, maka ketika mereka menghadiri (pembacaan)nya mereka berkata, 'Diamlah kamu (untuk mendengarkannya!)' Maka ketika telah selesai mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan. Mereka berkata, 'Wahai kaum kami! Sungguh, kami telah mendengarkan Kitab (Alquran) yang diturunkan setelah Musa, membenarkan (kitab-kitab) yang datang sebelumnya, membimbing kepada kebenaran dan kepada jalan yang lurus'." (QS Al-Ahqaf: 29-30)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement