Senin 08 Nov 2021 16:22 WIB

Karakter Muslim dalam Film: Asing, Menindas, dan Kejam

Karakter Muslim dalam film distereotipkan asing, menindas, dan kejam.

Rep: Mabruroh, Rossi Handayani, Umar Muktar/ Red: Agung Sasongko
Riz Ahmed
Foto:

Meski demikian, masih ada beberapa film, setidaknya 10, yang memberi gambaran positif tentang Islam. Film-film berikut ini menonjolkan penggambaran karakter Muslim yang lebih bermakna dan positif.

1. ‘The Reluctant Fundamentalist' (2012)

Aktor yang bermain ialah Riz Ahmed, Kate Hudson, Liev Schreiber, Kiefer Sutherland. Ahmed berperan sebagai Changez Khan, seorang pria muda Pakistan di mana karier menjanjikannya terhenti setelah serangan teroris pada 11 September. 

Terlepas dari tinjauan beragam dari para kritikus, karakter utama film ini berpengetahuan luas dan jauh dari stereotip. Film ini juga melakukan pekerjaan yang baik untuk mengeksplorasi tema-tema yang relevan, dari rasisme hingga American Dream.

2. 'Body of Lies' (2008)

Aktor yang bermain di dalam film ini adalah Leonardo DiCaprio, Russell Crowe, Mark Strong, dan Golshifteh Farahani. Film ini berkisah tentang perwira CIA yang menyusun rencana berisiko untuk menangkap seorang teroris yang sulit ditangkap, meskipun langkah yang salah mungkin berakhir dengan merenggut nyawanya.

Agar adil, film ini memang memasukkan kiasan yang bermasalah karena Muslim digambarkan sebagai teroris. Tetapi sisi lainnya adalah karakter Aisha, seorang perawat yang cerdas dan percaya diri yang tidak muncul sebagai korban pada satu dimensi. 

3. 'The Kite Runner' (2007)

Aktor yang bermain ialah Khalid Abdalla, Zekeria Ebrahimi, dan Ahmad Khan Mahmoodzada. Berdasarkan novel Khaled Hosseini dengan judul yang sama, drama menyentuh ini menceritakan kisah indah persahabatan antara dua anak laki-laki Afghanistan, yang tiba-tiba terkoyak setelah salah satu dari mereka mengalami insiden traumatis.

Apa yang membuat film ini menonjol adalah fakta bahwa film ini berpusat pada karakter Muslim berlapis yang dapat dikenali oleh siapa saja.

4. 'Malcolm X' (1992)

Pemain film ini adalah Denzel Washington, Angela Bassett, Spike Lee, Albert Hall, Al Freeman Jr., dan Delroy Lindo. Film yang dinominasikan Oscar ini menggambarkan momen-momen terpenting dalam kehidupan Malcom X, dari hari-hari kriminalnya dan masuk Islam hingga ziarah ke Mekkah. 

Bisa dibilang salah satu pertunjukan terbaik Washington hingga saat ini, Malcolm X digambarkan lebih dari sekadar pemimpin hak-hak sipil. Kita juga melihat seluruh karakternya saat dia berjuang dengan keyakinannya sendiri dan ajaran Nation of Islam.

5. 'Salmon Fishing in The Yemen' (2011)

Aktor pada film ini yaitu Emily Blunt, Ewan McGregor, Kristin Scott Thomas, dan Amr Waked. Drama komedi romantis yang ringan ini berpusat pada pakar perikanan Alfred Jones (McGregor) dan penasihat keuangan Harriet Chetwode-Talbot (Blunt), yang bekerja sama untuk membantu seorang syekh yang kaya raya membawa ikan salmon ke Yaman. 

Syekh tersebut tidak digambarkan sebagai penjahat yang korup dan haus kekuasaan (seperti yang diharapkan banyak orang), tetapi sebaliknya, dia adalah pria yang bijaksana dan terhormat dengan hasrat yang tulus untuk memancing.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement