Selasa 16 Nov 2021 11:28 WIB

Afrika Selatan Kekurangan Donasi Transplantasi Organ

Afrika Selatan merupakan salah satu pemimpin global di bidang transplantasi organ

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Transplantasi organ.
Foto:

Afrika Selatan memiliki unit transplantasi organ terbaik di benua itu. Saat ini, tercatat ada sekitar 5.000 orang dewasa dan anak-anak Afrika Selatan yang menunggu transplantasi organ maupun kornea yang menyelamatkan jiwa.

Namun, dengan menyebarnya Covid-19 dan dampak pandemi ini, jumlah transplantasi yang bisa dilakukan akan lebih sedikit. Pasien semakin putus asa menunggu lebih lama transplantasi organ yang bisa menyelamatkan nyawa mereka, serta banyak yang dikatakan dalam kondisi kritis selama masa menunggu donor.

Pada 2019, Afrika Selatan melakukan 356 transplantasi organ padat (SOT). Satu tahuns sebelumnya, negara ini melakukan 391 transplantasi. Afrika Selatan memiliki rata-rata 1,8 donor per juta penduduk, yang setara dengan sekitar 100 donor organ di negara itu per tahun.

Lebih lanjut, yayasan tersebut mengatakan agar transplantasi dapat dilakukan, diperlukan donor dengan golongan darah yang cocok. Mereka juga harus memenuhi berbagai kriteria, seperti tipe jaringan dan pencocokan silang antibodi, yang semuanya harus cocok dengan penerima.

“Ini adalah proses yang rumit dan sering kali calon donor dapat didiskualidikasi, jika rumah sakit tidak bisa menemukan penerima yang cocok," ujar mereka.

Oleh karena itu, mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sangat penting agar memastikan kumpulan donor yang tersedia lebih besar daripada penerima, untuk meningkatkan peluang kecocokan donor.

Mereka menekankan, lebih banyak donor organ dan jaringan yang terdaftar, akan membantu meringankan tekanan yang tidak biasa akibat pandemi Covid-19 pada kinerja transplantasi.

Yayasan Donor Organ merupakan kelompok nirlaba nasional, yang bekerja untuk mengatasi kekurangan donor organ dan jaringan di Afrika Selatan, melalui kesadaran dan kampanye edukasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement