Museum Besar Mesir Kedatangan 68 Artefak Baru

Selasa , 16 Nov 2021, 23:31 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Benda artefak Mesir kuno yang dikembalikan ke negara asalnya.
Benda artefak Mesir kuno yang dikembalikan ke negara asalnya.

IHRAM.CO.ID,KAIRO—Atef Moftah, General Supervisor Grand Egyptian Museum mengatakan, museum baru saja menerima 68 artefak, termasuk 16 buah harta peninggalan Raja Tutankhamun, pemimpin masa Kerajaan Baru Mesir. Asisten Menteri Pariwisata dan Purbakala untuk Urusan Arkeologi di Museum Besar Mesir El-Tayeb Abbas menjelaskan bahwa artefak tiba dengan selamat di tengah langkah-langkah keamanan yang ketat.

 

Terkait

Pengiriman artefak di bawah pengawasan dan pengawalan Polisi Pariwisata, Purbakala dan Penyelamatan, mencatat bahwa artefak tersebut terdiri dari 52 barang antik yang berat dan akan ditampilkan di dalam ruang pameran utama museum. Salah satu artefak paling penting adalah sekelompok patung yang digambarkan sebagai Raja Senusret I dalam posisi Osiris dan sarkofagus batu kapur seseorang bernama Ahmose Psamtik, yang ditemukan di daerah Tuna El-Gabal di Kegubernuran Minya, di samping sarkofagus pualam Ratu Hetepheres dari Kerajaan Lama dan patung granit merah muda dari dewa Serapis.

Baca Juga

Abbas menambahkan bahwa 16 keping harta karun Tutankhamun terdiri dari kelompok pot alabaster terkemuka, yang sekarang dipasang di dalam pajangan mereka di aula Raja Tutankhamun, sesuai dengan skenario tampilan yang dijadwalkan sebelumnya.

Selain itu, Direktur Jenderal Urusan Pemugaran dan Pemindahan Barang Purbakala di Museum Besar Mesir Issa Zeidan mengindikasikan bahwa sebelum mengemas potongan-potongan ini, para pemulih melakukan dokumentasi ilmiah dan arkeologis yang tepat dan menulis laporan yang menyoroti kondisi masing-masing potongan. Artefak juga dibersihkan secara mekanis dan beberapa di antaranya diperkuat, di bawah pengawasan tim kerja dari Museum Besar Mesir dan Dewan Tertinggi Purbakala.

Zeidan menambahkan bahwa potongan-potongan itu dibungkus menggunakan metode ilmiah menggunakan bahan kemasan yang aman dan ditempatkan di dalam kotak kayu yang dilapisi dengan busa yang diperkuat dari dalam.

Benda-benda berat sekarang sedang dipulihkan dan dipelihara di Laboratorium Pemulihan Barang Antik Berat, dalam persiapan untuk dipindahkan ke ruang pameran utama.

Sumber

https://www.egypttoday.com/Article/4/109929/Grand-Egyptian-Museum-receives-68-ancient-artifacts

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini