Kamis 18 Nov 2021 03:29 WIB

India Tutup Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara

India telah menutup sementara lima pembangkit listrik tenaga batu bara

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
Seorang pengunjung kantor melintasi satu kaki di atas jembatan di tengah kabut pagi dan kabut asap beracun di New Delhi, India, Rabu, 17 November 2021.
Foto: AP/Manish Swarup
Seorang pengunjung kantor melintasi satu kaki di atas jembatan di tengah kabut pagi dan kabut asap beracun di New Delhi, India, Rabu, 17 November 2021.

IHRAM.CO.ID,  NEW DELHI -- India telah menutup sementara lima pembangkit listrik tenaga batu bara di sekitar New Delhi, Rabu (17/11). Langkah itu diambil setelah polusi udara di sana kian memburuk. 

Panel Kementerian Lingkungan India, dalam perintah terbarunya mengatakan, ada kebutuhan "memaksa" untuk memastikan kualitas udara New Delhi tak memburuk lebih jauh. Komisi Manajemen Kualitas Udara India telah memerintahkan agar aktivitas konstruksi dihentikan hingga 21 November mendatang. 

Baca Juga

Truk-truk pengangkut barang-barang non-esensial dilarang beroperasi. Panel Kementerian Lingkungan Hidup India juga mengarahkan negara-negara bagian mendorong penerapan peraturan bekerja dari rumah untuk separuh karyawan di semua kantor swasta.

Komisi Manajemen Kualitas Udara India mengatakan, setidaknya 50 persen pegawai pemerintah juga harus bekerja dari rumah hingga 21 November. Awal pekan ini, pemerintah New Delhi memutuskan menutup sekolah-sekolah selama sepekan ke depan. Tujuannya agar anak-anak tak terpapar polusi udara. 

 

Komisi Manajemen Kualitas Udara India telah memperpanjang masa penutupan sekolah hingga pemberitahuan lebih lanjut. Pemerintah New Delhi bersedia memberlakukan penguncian darurat pada akhir pekan guna mereduksi polusi udara. Penerapannya tengah menunggu keputusan Mahkamah Agung India yang diumumkan paling cepat pada 24 November mendatang. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement