Pameran Foto Ungkap Kehidupan Muslim Inggris

Sabtu , 20 Nov 2021, 04:41 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
Para pengendera sepeda Muslim di Inggris merayakan keberhasilan pengumpulan dana pembangunan masjid.
Para pengendera sepeda Muslim di Inggris merayakan keberhasilan pengumpulan dana pembangunan masjid.

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Sebuah organisasi yang didedikasikan untuk pengarsipan kehidupan Muslim di Inggris telah meluncurkan sebuah proyek baru. Proyek itu diharapkan untuk memberdayakan Muslim untuk mendokumentasikan sejarah dan representasi mereka di negara tersebut.

 

Terkait

The Everyday Muslim Heritage and Archive Initiative meluncurkan kompetisi fotografi pertamanya awal tahun ini dengan tujuan mengumpulkan narasi visual kontemporer komunitas Muslim di Inggris.

Baca Juga

Entri terpilih adalah foto yang diambil dalam lima tahun terakhir, itu termasuk foto seorang pria sholat di taman dengan tas supermarket di sampingnya, seorang wanita berjilbab berjalan ke halte bus di salju, dan meja penuh kartu remi, kopi cangkir dan tasbih.

Sadiya Ahmed, yang mendirikan inisiatif pada tahun 2013 untuk mengatasi “tidak adanya” narasi Muslim yang khas dari pameran lembaga sejarah dan pendidikan di Inggris, mengatakan dia ingin membuat arsip pusat kehidupan Muslim, seni, pendidikan dan budaya di negara.

“Foto adalah representasi visual dari cerita dan kenangan kita. Mereka memberikan gambaran tentang waktu, tempat atau peristiwa tertentu dan bukti detail fisik dan emosional dari momen tertentu. Mereka merupakan bagian integral dari koleksi arsip karena merupakan catatan resmi keberadaan kita,” kata Ahmed kepada The National.