Sabtu 20 Nov 2021 06:35 WIB

Para Peneliti Ikuti Kompetisi Penelitian Alquran

Kompetisi penelitian Alquran tersebut bertajuk Bahasa dalam Alquran

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, DOHA -- Sebanyak 115 makalah telah diajukan para peneliti untuk mengikuti kompetisi penelitian Alquran yang diselenggarakan oleh Cultural Village Foundation (Katara) di Qatar. Seperti dilansir Iqna.ir pada Sabtu (20/11) Lembaga tersebut mengumumkan bahwa para peneliti dari Mesir, Sudan, Irak, Lebanon, negara-negara Arab Teluk Persia dan negara-negara non-Arab telah mengirimkan makalah mereka ke sekretariat kontes.

Mereka yang bersedia ambil bagian diberi waktu hingga 13 November untuk menyerahkan karya-karya penelitiannya. Pemenang akan diumumkan oleh Katara pada akhir Desember.

Baca Juga

Hadiah uang tunai senilai 60.000 dolar Amerika diperebutkan untuk tiga pemenang teratas. Makalah yang terpilih juga akan diterbitkan dalam jurnal ilmiah.

Bertajuk Bahasa dalam Alquran, kompetisi penelitian ini memiliki tiga fokus utama, yaitu bahasa dan gaya Alquran serta rahasianya, estetika semantik dan konteks dalam teks Alquran, dan estetika pertunjukan bergambar dan naratif dalam Alquran.

Kontes yang diadakan sebagai bagian dari acara yang menandai Doha sebagai Ibukota Kebudayaan Islam 2021, bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan status studi Alquran dalam realitas budaya Islam kontemporer. Ini berusaha untuk mendorong lebih banyak penelitian tentang Alquran menggunakan metodologi dan alat metodologi modern.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement