Selasa 23 Nov 2021 05:55 WIB

Saudi: Teknologi Buat Pencegahan Covid-19 Lebih Optimal

Teknologi informasi kesehatan berpengaruh dalam meningkatkan efisiensi kinerja

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Vaksinasi Covid-19 di Arab Saudi.
Foto: SPA
Vaksinasi Covid-19 di Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Menteri Kesehatan Fahad Al-Jalajel mengatakan Arab Saudi telah membuat kinerja yang sangat baik dalam memerangi virus corona berkat penggunaan teknologi digital modern. Dia juga mengumumkan implementasi rencana inovatif lainnya untuk mengembangkan sistem perawatan kesehatan di Kerajaan.

Saat meresmikan Konferensi dan Pameran Masyarakat Sistem Informasi dan Manajemen Kesehatan (HIMSS) Timur Tengah (HIMSS21 Timur Tengah), Ahad (21/11), ia mengumumkan implementasi rencana inovatif untuk mengembangkan sistem perawatan kesehatan di Kerajaan.

“Adopsi teknologi kesehatan digital telah berkontribusi pada peran utama Kerajaan di semua forum internasional dan regional dan di berbagai tingkatan.  Ini juga mewujudkan keunggulan Kerajaan dalam menangani pandemi virus corona dengan penggunaan teknologi digital modern secara optimal,” katanya dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (21/11).

Acara virtual tiga hari yang akan berakhir pada Selasa (21/11) menunjukkan partisipasi lebih dari 100 pakar informasi dan teknologi internasional dalam lebih dari 30 sesi untuk tetap menjadi yang terdepan dalam tren perawatan kesehatan terbaru.

 

Menteri mengatakan implementasi rencana inovatif untuk mengembangkan sistem perawatan kesehatan di Kerajaan mencakup pembangunan rencana transformasi kesehatan dengan berbagai sumbunya, merancang program tata kelola, serta pembiayaan dan penyediaan layanan kesehatan sesuai dengan praktik terbaik internasional dan sejalan dengan Program Transformasi Nasional dan Visi Kerajaan 2030.

Al-Jalajel mencatat bahwa selama pandemi, teknologi digital adalah salah satu kemungkinan terpenting untuk menghadapinya, karena peta interaktif pertama data virus corona diluncurkan untuk memberikan statistik yang akurat, selain dari  memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menganalisis data yang memungkinkan untuk mengambil keputusan strategis nasional. Dia mengatakan ada banyak tujuan dari Konferensi HIMSS21, di antaranya yang paling penting adalah diskusi tentang tantangan saat ini, visi dan gagasan tentang rencana masa depan, dan solusi potensial di bidang kesehatan di tingkat regional dan internasional.

Dia menyoroti pentingnya peran teknologi informasi kesehatan, dan perannya yang berpengaruh dalam meningkatkan efisiensi kinerja, meningkatkan kualitas layanan, dan penggunaan sumber daya yang optimal. Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dewan Kesehatan Saudi Nahar Al-Azmi mengatakan bahwa mengadakan konferensi ini untuk melengkapi peran yang dimainkan oleh dewan dalam mengembangkan dan menyetujui kebijakan koordinasi dan integrasi antara semua otoritas yang kompeten untuk kemajuan kualitatif.  dari layanan kesehatan.

“Selama konferensi, pengetahuan, pengalaman dan keahlian akan dipertukarkan dalam berbagai sesi,”katanya,

“Pertimbangan juga mencakup tantangan yang dihadapi sistem kesehatan dan solusi yang tersedia untuk pengembangannya, memanfaatkan kesehatan digital untuk membangun respons yang efektif terhadap epidemi di masa depan, dan menyoroti peran dan kontribusi efektif teknologi kesehatan dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi semua penerima manfaat,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement