BSI akan Buka Kantor Cabang di Dubai

Sabtu , 27 Nov 2021, 03:37 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Hafil
BSI akan Buka Kantor Cabang di Dubai. Foto; kota Dubai
BSI akan Buka Kantor Cabang di Dubai. Foto; kota Dubai

IHRAM.CO.ID,DUBAI—Bank Syariah Indonesia (BSI) berencana membuka kantor cabang di Dubai pada 2022 mendatang. Sekretaris BSI Gunawan Arif Hartoyo mengatakan bahwa BSI sedang menunggu izin dari Otoritas Jasa Keuangan Dubai (DFSA), yang diharapkan akan diterima pada akhir tahun ini.

 

Terkait

Dia mencatat bahwa kantor perwakilan bank di Dubai akan menjadi joint lead manager atau underwriter dalam penerbitan sukuk global mendatang, termasuk sukuk negara Indonesia dan sukuk korporasi dari BUMN maupun swasta di Indonesia. Ini akan bekerja di tiga bidang bisnis utama, sukuk global, pengiriman uang, dan pembiayaan perdagangan. BSI bertujuan untuk menjadi salah satu dari sepuluh bank syariah global terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar pada tahun 2025.

Baca Juga

Pada bulan Juni, Nasdaq Dubai mengatakan bahwa mereka telah mencatatkan tiga tahap sukuk yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia, dengan nilai total $3 miliar (Rp 42,9 triliun). Pada saat itu, nilai total semua sukuk yang terdaftar oleh Pemerintah Indonesia di Nasdaq Dubai mencapai $19,75 miliar (Rp 283 triliun). 

Hingga akhir September, total aset lembaga keuangan syariah di Indonesia meningkat 17,32 persen tahun-ke-tahun menjadi $132,7 miliar (Rp 1,8 ribu triliun), terdiri dari $43,58 miliar (Rp 624 triliun) aset perbankan syariah, $80,95 miliar (Rp 1,1 ribu triliun) di pasar modal syariah (sukuk dan reksa dana) dan $8,16 miliar (Rp 116 triliun) dalam solusi keuangan non-bank syariah. Aset keuangan syariah mewakili 10,11 persen dari total aset keuangan di Indonesia.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merespons langkah tersebut, dan bahwa hal ini merupakan penanda rekam jejak pertama BSI di pasar global. Menurutnya, BSI akan menjadi bank dari Indonesia pertama yang memiliki kantor perwakilan di kawasan Timur Tengah.

Erick berharap, BSI dapat mengoptimalkan potensi bisnis di Dubai dan menjadi jembatan penghubung antara Indonesia dan investor global, untuk menginvestasikan dananya pada proyek-proyek pemerintah, BUMN dan juga untuk proyek-proyek pembangunan lainnya di Tanah Air.

“Tentunya, kehadiran BSI di Dubai juga diharapkan akan memudahkan akses bagi seluruh pemangku kepentingan untuk mencari layanan dan informasi keuangan guna memberdayakan bisnis ekspor dan impor ke Timur Tengah,” ujarnya. 

“Hal ini perlu ditekankan untuk memperkuat pertumbuhan dan ketahanan ekonomi Indonesia khususnya pasca pandemi Covid-19,” lanjut Erick Thohir.

Sumber

https://pakobserver.net/islamic-bank-syariah-indonesia-to-open-representative-office-in-dubai-in-2022/

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini