Senin 29 Nov 2021 20:20 WIB

Cara Sujud Syukur yang Tepat

Mayoritas ulama sepakat tentang diperbolehkannya melakukan sujud syukur.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Atlet Jawa Timur Teuku Tegar Abadi bersujud syukur usai menang dalam final lompat galah putra PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (11/10/2021). Tegar Abadi berhasil meraih medali emas, sementara pelompat galah DKI Jakarta Frederik Saputra meraih medali perak dan pelompat galah Jawa Timur lainnya Dedi Irawan meraih medali perunggu.
Foto:

Namun sebenarnya Sujud syukur harus memenuhi persyaratan yang sama dengan sujud dalam sholat, seperti  taharah  (suci), menghadap  kiblat, mengenakan pakaian Islami yang tepat dan sebagainya, sebagaimana disepakati oleh mayoritas ahli hukum.

Ritual sujud syukur adalah memiliki niat sebelum mengucapkan takbir di awal, sujud sekali, dan terakhir mengakhiri doa dengan mengucapkan salam. Namun ulama mazhab Maliki berpendapat bahwa tidak ada yang disebut  sujud syukur.  Sebaliknya adalah lebih baik untuk melakukan shalat dua  rakaat setiap kali sesuatu yang baik datang   atau untuk mencegah beberapa kejahatan.

 

Beberapa ulama, di sisi lain, berpendapat bahwa  sujud syukur tidak memerlukan ritual seperti shalat pada umumnya. Sudut pandang ini dilaporkan dalam Fath Al-`Allam  sebagai pandangan yang paling benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement