Senin 29 Nov 2021 23:23 WIB

Arsitektur Masjid dan Cerminan Spiritualisme Islam

Ada makna yang lebih dalam dan efek spiritual yang dimiliki masjid

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto:

Dalam kesempatan itu Al-Rashid juga menyampaikan, Ithra meluncurkan kompetisi terkait masjid yang akan fokus pada mahasiswa. Sebagai bagian dari acara tersebut, penyelenggara akan mengumpulkan berbagai spesialis dari universitas di seluruh Kerajaan dan mengumpulkan pendapat pemuda Saudi, ide-ide kreatif dan visi masjid masa depan.

Konferensi ini memfasilitasi diskusi yang lebih mendalam dan pemahaman penting tentang perkembangan sejarah masjid, dengan fokus khusus pada seni Islam dan pelestarian dan revitalisasi budaya. Enam tema adalah evolusi masjid, keindahan, dan fungsi objek masjid, estetika masjid, arsitektur tradisional, serta pelestarian dan kebangkitan masjid dari masjid menjadi museum. 

Salah satu abstrak luar biasa yang dipresentasikan pada hari pertama konferensi adalah masjid dengan perspektif baru arsitektur Islam oleh Michael Frishkopf, yang merupakan profesor etnomusikologi di Universitas Alberta di Kanada.

Frishkopf mengatakan, arsitektur itu untuk kehidupan sehingga harus digunakan oleh orang-orang, dan orang-orang hidup dalam pengaturan sosial. Dalam hal masjid, ada hubungan spiritual yang melibatkan suara.

"Ini sangat penting untuk kehidupan sosial, dan karena ucapan dan ekspresi, ini menyampaikan emosi. Jadi saya menyebut masjid sebagai objek nyaring, yang lebih dekat dengan fungsi spiritual masjid daripada visual," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement