Senin 06 Dec 2021 05:00 WIB

Muslim Kanada Rayakan 10 tahun Masjid di Prince George

Masjid di Prince George menawarkan orang Canada untuk mengenal ajaran Islam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Subarkah
Masjid di Prince George Kanada yang kini telngan merayakan ulang tahun pendiriannya kesepuluh.
Foto: cbc
Masjid di Prince George Kanada yang kini telngan merayakan ulang tahun pendiriannya kesepuluh.

IHRAM.CO.ID, BRITISH COLUMBIA -- Warga Toronto, Lila Mansour, yang kini berusia 22 tahun, masih ingat ketika dilaksanakan upacara peletakan batu pertama untuk pembangunan masjid di Prince George, British Columbia, Kanada, pada satu dekade lalu. Lila yang sekarang sedang belajar hukum di Toronto, mengatakan, itu adalah masjid pertama yang dibangun di wilayah utara provinsi.

Bagi Lila, masjid tersebut juga merupakan kunci untuk membentuk identitasnya sebagai seorang wanita Muslim. Sekarang Pusat Islam Prince George, yang terletak di ujung barat laut kota, merayakan hari jadinya yang ke-10 sejak dibuka pada 2011, lebih dari dua tahun setelah upacara peletakan batu pertama.

Sebelum Islamic Center dibangun, komunitas Muslim kota menyewa tempat-tempat di motel dan gereja lokal untuk berkumpul untuk salat dan khotbah. Masjid terdekat untuk utara B.C. penduduk saat itu berada di Kelowna, lebih dari 600 kilometer selatan Pangeran George.

Mansour mulai menghadiri sekolah minggu di masjid pada tahun 2012 dan akhirnya menjadi guru sekolah minggu sebelum pindah ke Ontario musim panas ini. Masjid lokal sangat penting bagi kaum muda Muslim untuk merasakan rasa koneksi dan memiliki komunitas agama mereka.

"Seringkali, ketika Anda tidak memiliki tempat untuk diri sendiri di mana Anda bisa pergi ke tempat ibadah, Anda tidak selalu merasakan keterikatan yang dekat, atau Anda tidak merasa diakui," katanya, dilansir dari laman CBC, Ahad (5/12).

Komunitas Muslim di Prince George membeli sebidang tanah seluas 1,2 hektar di 5th Avenue dan Foothills Boulevard di pusat kota dan mengajukan permohonan rezoning pada 2004 untuk membangun masjid.

Sharif Senbel, seorang arsitek yang berbasis di Vancouver, ditugaskan untuk mengerjakan proyek tersebut setelah merancang beberapa masjid di Daratan Bawah. Dia mengatakan masjid Pangeran George, yang terinspirasi oleh topografi kota, adalah salah satu proyeknya yang paling sukses.

"Saya terinspirasi oleh situs itu sendiri, ini adalah situs yang indah. Ada tebing curam berhutan dengan pohon cemara Douglas dan pohon cedar, dan itu benar-benar inspirasi untuk desain masjid," kata Senbel.

Atap bawah masjid seluas 7.000 kaki persegi itu menjulang dengan lembut sesuai dengan medan di mana bangunan itu berdiri. Geometri berpotongan dari bentuk atap masjid terinspirasi oleh jaringan kota ortogonal Pangeran George, arsitek menjelaskan di situsnya.

Proyek senilai 1,8 juta dolar ini merupakan bagian dari rencana kota untuk menciptakan kembali kotamadya sebagai pusat pendidikan dan layanan medis. Ayah Lila, Firas Mansour, direktur medis dari University Hospital of Northern British Columbia, adalah anggota pendiri Prince George Islamic Centre. Dia mengatakan masjid telah membantu menarik para profesional medis yang berimigrasi dari negara-negara Muslim.

"Ketika mereka melihat Pangeran George sebagai pilihan potensial untuk pindah dan datang ke sini, mereka biasanya mencari (apakah) ada masjid. Setiap kota memiliki layanan atau fasilitas untuk mendukung pendatang baru dan keluarga mereka, yang membuat komunitas lebih menarik, terutama ketika kami bersaing dengan komunitas lain di Kanada," ucapnya.

"Itu membuat Pangeran George lebih menarik dan area yang masuk akal untuk datang, tidak hanya untuk datang dan bekerja selama beberapa tahun, tetapi juga untuk menetap," tutur dia.

Dokter keluarga Ashfaq Ahmed berimigrasi ke Pangeran George dari Pakistan pada tahun 2012, dan sejak itu telah melakukan salat dan menghadiri acara komunitas di Islamic Centre. Dia mengatakan penting baginya untuk memiliki masjid lokal di mana dia dapat menerima ajaran Islam.

Menurut Ahmed, masjid lebih dari sekadar tempat ibadah bagi komunitas Muslim dan menawarkan kesempatan bagi orang-orang di luar komunitas untuk belajar lebih banyak tentang Islam. "Semua orang dalam politik cukup sering muncul, termasuk walikota dan anggota parlemen. Orang lain datang dan berbicara dengan kami dan mereka mengungkapkan bahwa mereka ingin kami menjadi bagian dari masyarakat," lanjut Ahmed.

"Mereka harus melihat bagaimana Muslim hidup bersama, bagaimana kita berbicara satu sama lain, bagaimana kita berbagi tanggung jawab dan merawat orang lain. Saya pikir itu sangat penting," tambah Ahmed.

Menurut Asosiasi Muslim British Columbia, ada 67 ruang sholat Muslim di seluruh provinsi. Hanya dua di antaranya yang berada di wilayah utara, termasuk Prince George Islamic Center dan Peace River Muslim Association di Fort St. John.

Sumber: https://www.cbc.ca/amp/1.6273573

 
 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement