Masjid Prince George Rayakan Hari Jadi ke-10

Senin , 06 Dec 2021, 03:12 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid di Prince George Kanada yang kini telngan merayakan ulang tahun pendiriannya kesepuluh.
Masjid di Prince George Kanada yang kini telngan merayakan ulang tahun pendiriannya kesepuluh.

Sharif Senbel, seorang arsitek yang berbasis di Vancouver, ditugaskan untuk mengerjakan proyek tersebut setelah merancang beberapa masjid di Daratan Bawah. Dia mengatakan masjid Pangeran George, yang terinspirasi oleh topografi kota, adalah salah satu proyeknya yang paling sukses.

 

Terkait

"Saya terinspirasi oleh situs itu sendiri, ini adalah situs yang indah. Ada tebing curam berhutan dengan pohon cemara Douglas dan pohon cedar, dan itu benar-benar inspirasi untuk desain masjid," kata Senbel. 

Atap bawah masjid seluas 7.000 kaki persegi itu menjulang dengan lembut sesuai dengan medan di mana bangunan itu berdiri. Geometri berpotongan dari bentuk atap masjid terinspirasi oleh jaringan kota ortogonal Pangeran George, arsitek menjelaskan di situsnya.

Proyek senilai 1,8 juta dolar ini merupakan bagian dari rencana kota untuk menciptakan kembali kotamadya sebagai pusat pendidikan dan layanan medis. Ayah Lila, Firas Mansour, direktur medis dari University Hospital of Northern British Columbia, adalah anggota pendiri Prince George Islamic Centre. Dia mengatakan masjid telah membantu menarik para profesional medis yang berimigrasi dari negara-negara Muslim.

"Ketika mereka melihat Pangeran George sebagai pilihan potensial untuk pindah dan datang ke sini, mereka biasanya mencari (apakah) ada masjid. Setiap kota memiliki layanan atau fasilitas untuk mendukung pendatang baru dan keluarga mereka, yang membuat komunitas lebih menarik, terutama ketika kami bersaing dengan komunitas lain di Kanada," ucapnya.

"Itu membuat Pangeran George lebih menarik dan area yang masuk akal untuk datang, tidak hanya untuk datang dan bekerja selama beberapa tahun, tetapi juga untuk menetap," tutur dia.