Cara Allah SWT Ajarkan Adab kepada Hamba-Nya

Selasa , 07 Dec 2021, 15:15 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Umat Islam melaksanakan shalat (ilustrasi).
Umat Islam melaksanakan shalat (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT mengajari adab atau tata krama kepada para hamba-Nya melalui Nabi Muhammad SAW. "Allah SWT mengajarkan tata krama kepada kita semua melalui Nabi Muhammad, ketika beliau SAW menyapa para nabi yang lain," ungkap Mantan mufti Mesir, Syekh Dr Ali Jum'ah dilansir dari Elbalad, Jumat (5/11).

 

Terkait

Namun, Nabi Muhammad SAW tidak memanggil mereka dengan nama saja, tetapi dengan dilengkapi 'Ya Ayyuhannabi', 'Ya Ayyuharrosul'. Nabi SAW menunjukkan bahwa Allah SWT memerintahkan untuk bersikap sopan santun kepada para Nabi dan juga menghormatinya.

Baca Juga

"Sesungguhnya Kami mengutus engkau (Muhammad) sebagai saksi, pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan (agama)-Nya, membesarkan-Nya. Dan bertasbih kepada-Nya di waktu pagi dan petang." (QS Al-Fath Ayat 8-9)

Syekh Jum'ah melanjutkan, seorang Muslim dilarang mendahului Allah SWT dan Rasul-Nya. Tak hanya itu, setiap Muslim juga diperingatkan untuk tidak meninggikan suara terhadap suara yang mulia atau berbicara dengan suara yang lantang atau keras kepadanya.

Allah SWT berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu meninggikan suaramu melebihi suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya (suara) sebagian kamu terhadap yang lain, nanti (pahala) segala amalmu bisa terhapus sedangkan kamu tidak menyadari." (QS Al-Hujurat ayat 2)