Kemenag Magelang dan Imigrasi Permudah Pembuatan Paspor Haji

Selasa , 07 Dec 2021, 12:57 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Petugas kantor Imigrasi melayani warga yang membuat paspor untuk kebutuhan umrah
Petugas kantor Imigrasi melayani warga yang membuat paspor untuk kebutuhan umrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Kementerian Agama Magelang melakukan kerja sama dengan pihak imigrasi setempat, terkait pembuatan paspor bagi jamaah haji.

 

Terkait

Pelayanan Eazy Passport merupakan layanan pembuatan paspor, yang dilaksanakan di luar Kantor Imigrasi dan menuju lokasi pemohon. Dalam hal ini, mereka adalah jamaah calon haji pemberangkatan tahun 2022 yang telah habis masa berlaku paspornya dan difasilitasi Kankemenag Magelang.

Baca Juga

Tujuan dari program ini adalah meningkatkan pelayanan pembuatan paspor kepada masyarakat atau jamaah haji, melalui program pelayanan paspor secara kolektif.

Melalui program ini, jamaah haji/lembaga dapat mengajukan permohonan paspor tanpa perlu ke Kantor Imigrasi Wonosobo. Petugas nantinya akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan.

Seluruh proses permohonan paspor, mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari, dilakukan di PTSP Kankemenag Kab. Magelang.

Paspor yang sudah jadi, nantinya bisa diambil dan atau dikirim ke Kankemenag Kab. Magelang untuk diserahkan ke jamaah calon haji.

“Kita memerlukan terobobosan pelayanan administrasi yang inovatif dalam pelayanan dalam bidang pelayanan penyelenggaraan haji, pelayanan administrasi yang lebih baik serta profesional tentunya,” kata Kasi PHU Kankemenag Magelang, Khamim Setiawan, dalam keterangan yang didapat Republika, Selasa (7/12).

Setiap harinya, Kankemen disebut semakin adaptif serta inovatif, yang diselaraskan dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya jamaah calon haji. Khamim Setiawan menyampaikan perlunya inovasi dalam pelayanan haji khususnya dalam pembuatan paspor.

Program pelayanan publik pembuatan paspor untuk kepentingan pemberangkatan haji tahun depan ini digagas dan difasilitasi oleh Kantor Imigrasi Wonosobo dan Kankemenag Kab. Magelang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini