Rabu 08 Dec 2021 16:30 WIB

Erdogan Ungkap Strategi Kebijakan Industri Halal Turki

Perkembangan produk dan layanan bersertifikat halal semakin disukai.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Foto: AP/Domenico Stinellis
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

IHRAM.CO.ID, ISTANBUL -- Pelaksanaan World Halal Summit ke 7 dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden Turki Fuad Oktay bersamaan dengan 8th OKI Halal Expo (25-28 November 2021) yang diselenggarakan oleh Discover Events atas nama Islamic Center for Development of Trade (ICDT) dan Standards and Metrology Institute for Islamic Countries (SMIIC) sejalan dengan kerangka kerja sama kesepakatan antara dua lembaga.

Pada gelaran tahun ini, Presiden Turki Recep Tayip Erdogan selaku tuan rumah memberikan sambutan tertulis dengan memutar rekaman suara dari sambutannya. Menurutnya perkembangan produk dan layanan bersertifikat halal semakin disukai oleh umat Islam dan pemeluk agama lain karena jaminan kebersihan dan kesehatannya.

Baca Juga

“Di sektor besar ini, kita perlu memastikan bahwa konsumen memiliki akses yang dapat diandalkan ke produk dan layanan bersertifikat halal, dan kita perlu memfasilitasi peredaran produk dan layanan ini dalam perdagangan internasional,"tutur dia.

Pemerintah Turki melihat Lembaga Standar dan Metrologi Negara-negara Islam yang mulai beroperasi pada 2010, memegang peranan penting.  Karena hal itu Turki mengundang semua negara anggota Organisasi Kerjasama Islam untuk menjadi anggota Institut, sehingga menghilangkan perbedaan, konflik dan ketidakpercayaan dalam sertifikasi halal.

“Saat kami meningkatkan kerja sama kami dalam perdagangan produk dan layanan bersertifikat halal, warga negara kami dan seluruh umat manusia akan mendapatkan keuntungan darinya.  Faktanya, kami menunjukkan pentingnya kami melampirkan masalah ini dengan Badan Akreditasi Halal yang kami bawa ke negara kami sekitar tiga tahun yang lalu.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement