Jumat 17 Dec 2021 05:55 WIB

Penghargaan untuk Para Pahlawan Tragedi Masjid Christchurch

Selandia Baru berikan penghargaan kepada 10 orang dalam Tragedi Masjid Christchurch

Rep: Mabruroh / Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Masjid Al Noor di Deans Avenue, Christchurch, Selandia Baru
Foto:

Sementara Aziz berharap tidak ada yang harus mendapatkan penghargaan dalam artian tidak ada lagi penyerangan yang menargetkan komunitas muslim di Selandia Baru. "Rasanya menyenangkan, seperti Anda telah melakukan sesuatu yang baik dalam hidup Anda," ungkapnya.

Polisi senior Scott Carmody dan Jim Manning dianugerahi Penghargaan Keberanian Selandia Baru atas keberanian luar biasa mereka dalam menangkap pria bersenjata itu.

Keberanian Ziyaad Shah melindungi jamaah lain dengan tubuhnya di masjid al Noor, sementara pria bersenjata itu menembak mereka, memukul Shah dua kali, diakui dengan Dekorasi Keberanian Selandia Baru.

Liam Beale, yang juga dianugerahi penghargaan ini, telah mengemudi melewati masjid al Noor tetapi meninggalkan kendaraannya ketika dia mendengar suara tembakan dan orang-orang berteriak. Dia menghentikan orang-orang dari menuju ke masjid, dan kemudian membantu para korban.

Lance Bradford, Wayne Maley, Mark Miller dan Mike Robinson dianugerahi Medali Keberanian Selandia Baru. “Mereka mempertaruhkan hidup mereka, dengan berani mencari korban, membantu mereka dan memindahkan mereka ke tempat yang aman, sementara pria bersenjata itu aktif di daerah itu,” kata Ardern.

"Pada hari kehilangan dan penderitaan yang begitu mengerikan, tindakan 10 individu ini menunjukkan kemanusiaan, kesopanan, dan kasih sayang yang dihargai dan disayangi oleh warga Selandia Baru," tuturnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement