Jumat 17 Dec 2021 04:17 WIB

Potret Arsitektur Masjid di Rusia

Islam adalah agama terbesar kedua di Rusia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Juma yang berusia 1300 tahun di Derbent Rusia
Foto:

Setiap sudut biasanya dilapisi karpet, dengan variasi pohon kehidupan muncul di atas lengkungan dan di dinding. Dia juga memperhatikan jam dinding dan tanaman pot yang jarang ditemukan di gereja. Alimov juga menyadari soal larangan penggambaran manusia atau hewan di masjid. Ketidakhadiran ini paling terlihat oleh Alimov di masjid-masjid sederhana, di mana dindingnya sering dicat hijau.

Alimov juga menyoroti jamaah masjid. Alimov secara khusus tertarik pada detail seperti tasbih dan sajadah, termasuk yang digunakan oleh jamaah untuk sholat di luar ketika masjid melebihi kapasitas, masalah umum di Rusia di mana pembangunan masjid tidak sejalan dengan populasi Muslim yang berkembang di negara itu, sebagian besar didorong oleh imigrasi dari Asia Tengah.

photo
Umat Muslim berdoa di luar masjid ketika mereka merayakan Idul Adha, yang oleh umat Islam di Rusia disebut Kurban-Bairam di St.Petersburg, Rusia, Jumat pagi, 31 Juli 2020. Liburan Muslim utama, pada akhir haji haji ke Mekah , diamati di seluruh dunia oleh orang percaya dan memperingati janji Abraham untuk mengorbankan putranya sebagai tindakan kepatuhan kepada Allah. - (AP/Dmitri Lovetsky)

Hari pertama pengambilan gambar Alimov bertepatan dengan sholat Idul Fitri bersama di Ufa. Ketika jamaah pergi, Alimov merasa cukup nyaman untuk membiarkan ruang berbicara sendiri. Sejak saat itu, ia selalu berusaha mengunjungi masjid di sela-sela sholat.

Alimov sejauh ini telah mengunjungi masjid-masjid Ufa, Kazan, Samara, dan Togliatti karena adanya pembatasan Covid-19. Namun demikian, ia berencana untuk melanjutkan proyek pemotretan di tempat lain, di Rusia dan di luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement