Jumat 17 Dec 2021 15:56 WIB

Tak Lagi Digunakan, Gereja Blackburn akan Diubah Jadi Masjid

Gereja St Chad telah lama kosong dan akan diubah jadi masjid

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Masjid di Blackburn, Inggris
Foto: theboltonnews
Masjid di Blackburn, Inggris

IHRAM.CO.ID, LANCASHIRE -- Gereja St Chad yang berada di Jalan Pleckgate, Blackburn, Lanchasire telah lama kosong dan tak lagi digunakan sebagai rumah ibadah. Terakhir, bangunan ini digunakan sebagai sebuah bengkel.

Melihat kondisi dan kesempatan yang ada, Pusat Komunitas Pleckgate ingin mengubah dan menggantinya menjadi tempat ibadah sekaligus pengajaran agama Islam.

Baca Juga

Pusat komunitas telah mengajukan aplikasi perencanaan ke pemerintah Blackburn, melalui Dewan Darwen. Aplikasi diajukan untuk rencana perubahan penggunaan dan pembongkaran bangunan tambahan, guna menyediakan tempat parkir bagi 15 mobil jamaah.

Dalam sebuah pernyataan, Pusat Komunitas ini menyebut selama beberapa tahun bangunan bekas gereja ini digunakan sebagai bengkel dan penyimpanan, meskipun tidak diformalkan dengan izin perencanaan. Dan kini, bangunan itu telah kosong selama beberapa tahun.

“Masjid yang diusulkan akan melayani masyarakat setempat dan menyediakan fasilitas ibadah, baik bagi individu dan jamaah. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat setempat dengan menyediakan fasilitas yang lebih mudah diakses,"

Keberadaan masjid yang lebih dekat juga meminimalkan kebutuhan masyarakat untuk bepergian ke masjid yang lebih besar dan lebih jauh. Nantinya, masjid itu tidak akan digunakan untuk shalat Jumat, kegiatan pernikahan dan pemakaman, juga tidak akan ada imam tetap.

Menurut mereka, bangunan ini terletak di daerah perumahan yang padat, serta dekat dengan jalur bus dan masih bisa diakses dengan mudah sembari berjalan kaki, sehingga akan ada banyak orang yang bisa dilayani masjid ini.

“Bangunan tersebut, meskipun tidak terdaftar atau berada di kawasan konservasi, memiliki ciri khas dan menambah karakter kawasan tersebut. Usulan aplikasi akan membawanya kembali ke penggunaan yang bermanfaat dan mempertahankannya sebagai aset masyarakat," tulis Pusat Komunitas Pleckgate.

Terakhir, dalam aplikasi yang diajukan, mereka menyebut usulan tersebut sudah termasuk pembongkaran garasi yang ada di bagian belakang gereja, dengan tujuan untuk menyediakan tingkat parkir yang sesuai.

St Chad's adalah sebuah bangunan batu satu lantai yang dibangun sekitar tahun 1870, yang setelahnya menjadi sekolah harian dan juga mengelola Sekolah Minggu. Layanan kepada jamaat terus diadakan di gedung sampai tahun 1970-an.

Dengan menggunakan kembali bangunan yang ada, komunitas ini percaya akan mempertahankan fitur penting dari struktur budaya dan sejarah daerah tersebut. Selain itu, dapat memperpanjang umur bangunan dengan cara yang mengacu pada fungsi aslinya, sebagai pusat ibadah dan pembelajaran agama masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement