Selasa 21 Dec 2021 03:46 WIB

Julukan Bagi Utsman Karena Menikahi Putri Nabi

Julukan bagi Ustman bin Affan karena menikahi putri Nabi.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Sahabat Rasulullah ﷺ, Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu memiliki julukan Dzun Nurain (yang memiliki dua cahaya), karena menikahi putri Nabi Muhammad ﷺ.

Dikutip dari buku Inilah Faktanya karya Dr Utsman bin Muhammad al-Khamis, julukan Dzun Nurain disematkan karena ia menikah dengan putri Nabi ﷺ Ruqayyah radhiyallahu anha, kemudian menikahi saudarinya yaitu Ummu Kultsum radhiyallahu anha setelah Ruqayyah meninggal dunia (Ma'rifatush Shahabah). Adapun kunyah-nya adalah Abu Abdullah dan Abu Amr. 

Baca Juga

Utsman Radhiyallahu Anhu masuk Islam melalui ajakan Abu Bakar Radhiyallahu Anhu (Al-Ishabah). Utsman termasuk orang yang ikut hijrah ke Habasyah, juga tatkala kaum Muslimin berhijrah ke Madinah setelah itu. 

Sementara nama lengkapnya adalah Utsman bin Affan bin Abul Ash bin Umayyah bin Abdusy Syams bin Abdu Manaf. Dengan demikian, nasabnya bertemu dengan Nabi ﷺ pada Abdu Manaf. Ibunya bernama Arwa binti Kuraiz bin Rabi‘ah. Kakeknya bernama Ummu Hakim binti Abdul Muththalib, bibi Nabi ﷺ (Ma'rifatush Shahabah).

 

Kemudian, istri-istrinya adalah Ruqayyah binti Rasulullah ﷺ, Ummu Kultsum binti Rasulullah ﷺ, Fakhitah binti Ghazwan, Ummu Amr binti Jundub, Fathimah binti al-Walid bin Abdusy Syams, Ummul Banin binti Uyainah, Ramlah binti Syaibah bin Rabi‘ah, dan Na-ilah binti al-Farafishah. 

 

Dia juga mempunyai beberapa anak laki-laki dan perempuan. Yang laki-laki bernama: Abdullah, Abdullah al-Ashghar, Khalid, Aban, Umar, Sa‘id, Abdul Malik, Amr, dan Anbasah. Adapun yang perempuan: Maryam, Ummu Sa‘id, Aisyah, Maryam (bukan yang pertama), dan Ummul Banin.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement