Kemenag Sulsel Minta Jamaah Bersabar Keberangkatan Umroh Ditunda

Selasa , 21 Dec 2021, 10:01 WIB Reporter :Umar Mukhtar/Febrianto Adi Saputro/ Redaktur : Ani Nursalikah
Kemenag Sulsel Minta Jamaah Bersabar Keberangkatan Umroh Ditunda
Kemenag Sulsel Minta Jamaah Bersabar Keberangkatan Umroh Ditunda

IHRAM.CO.ID, MAKASSAR -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan meminta jamaah umroh bersabar meski sedianya diberangkatkan ke tanah Suci namun ditunda. Keberangkatan jamaah umroh ditunda atas aturan larangan sementara perjalanan keluar negeri hingga 2022.

 

Terkait

Langkah tersebut diambil guna menekan penyebaran virus Omicron. "Ini demi keselamatan kita. Kan satu pintu kemarin sama dengan pemerintah (larangan ke luar negeri). Kita harus ikut sesuai aturan," ujar Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulsel Ali Yafid, Selasa (21/12).

Baca Juga

Menurut dia, penundaan keberangkatan tersebut seusai dengan instruksi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama sehingga harus mengikuti regulasi dari pemerintah. Ali menyebutkan jamaah umroh di Sulsel yang tercatat mendaftar sejak 2019 hingga 2020 sebanyak 34.639 jamaah.

Namun, rencana yang siap diberangkatkan seusai daftar atau list sekitar 3.000-orang. "Kemarin, kita sudah siap sekali berangkat, pada 2 Februari, tapi langsung ditutup. Pesawatnya sudah ada bahkan tiket juga sudah ada, tapi langsung dibatalkan," kata Ali.

Menanggapi keberangkatan ibadah umroh yang awalnya secara perdana pada 23 Desember 2021, kata Ali, sudah ada imbauan dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah bahwa pelaksanaan ditunda dan akan dijadwalkan kembali. Namun, ia belum mengetahui tanggal berapa karena diundur hingga 2022.