Selasa 21 Dec 2021 12:06 WIB

Lembaga Tabung Haji Malaysia Tunjuk Ketua Baru

Lembaga Tabung Haji Malaysia Tunjuk Ketua Baru

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Lembaga Tabung Haji Malaysia Tunjuk Ketua Baru. Foto:   Jamaah haji asal Malaysia sudah tiba di Arab Saudi melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Kamis (11/9) (Republika/Zaky Alhamzah)
Foto: Republika/Zaky Alhamzah
Lembaga Tabung Haji Malaysia Tunjuk Ketua Baru. Foto: Jamaah haji asal Malaysia sudah tiba di Arab Saudi melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Kamis (11/9) (Republika/Zaky Alhamzah)

IHRAM.CO.ID,KUALA LUMPUR, 20 Des Tan Sri Azman Mokhtar dilantik sebagai ketua baru Lembaga Tabung Haji (TH). Ia efektif mulai bekerja sejak Senin (20/12).

TH yakin, Azman akan memberikan kontribusi dalam mengarahkan dewan dana jamaah haji, agar sukses di tengah tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Azman terkenal telah memimpin perombakan Khazanah Nasional Bhd dan Program Transformasi GLC sebagai direktur pelaksana dari tahun 2004 hingga 2018," kata Direktur Pelaksana dan Kepala Eksekutif grup TH, Datuk Seri Amrin Awaluddin, dikutip di Bernama, Selasa (21/12).

Pengangkatan Azman diharapkan dapat lebih mendorong upaya berkelanjutan TH, untuk menjadi lembaga Islam yang dihormati karena kinerja dan tata kelolanya. Hal ini sejalan dengan mandat untuk memfasilitasi Muslim Malaysia menabung dengan tujuan ibadah haji.

 

Azman juga memainkan peran penting dalam mendorong keberhasilan organisasi terkemuka Malaysia, di antaranya meliputi Khazanah Nasional, Axiata Group Bhd, Iskandar Investment Bhd dan IHH Healthcare Bhd.

Baru-baru ini ia juga ditunjuk sebagai Ketua Universiti Teknologi Malaysia, ketua Pusat Internasional untuk Pendidikan Keuangan Islam (INCEIF) dan sebagai anggota Dewan Pemulihan Nasional.

Azman meraih gelar Master of Philosophy in Development Studies dari Darwin College, Cambridge University sebagai Chevening Scholars dan diploma dalam Islamic Studies dari International Islamic University Malaysia. Beliau juga merupakan pemegang Chartered Financial Analyst dan anggota dari Association of Chartered and Certified Accountants.

Terkait pengembangan TH, Amrin mengatakan telah dan terus melakukan berbagai inisiatif transformasi untuk memperkuat dan memastikan keberlanjutannya, dengan fokus pada penyelenggaraan haji.

“TH berkomitmen memastikan keberlanjutannya dengan mengembangkan Rencana Strategis untuk mendukung upaya transformasi. Rencana Hijrah24 akan didorong oleh lima dorongan utama dan didukung oleh 24 inisiatif strategis yang akan dimulai tahun depan," kata dia.

Pada saat yang sama, TH akan terus bekerja sama dengan Royal Commission of Inquiry (RCI). Hal ini diharapkan dapat semakin memperkuat tata kelola dan kontrol internal untuk melindungi TH dan para deposan, serta memberikan pengembalian yang berkelanjutan kepada para deposan.

TH menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Tan Sri Md Nor Yusof yang mengundurkan diri sebagai ketua baru-baru ini, setelah menjabat sejak 10 Juli 2018.

Selama kepemimpinannya, TH telah memperkuat posisi keuangannya, dengan total simpanan tumbuh menjadi 81,41 miliar ringgit Malaysia per 30 Juni 2021, level tertinggi sejak TH didirikan 58 tahun lalu.  

Sumber:

https://www.bernama.com/en/business/news.php?id=2035733

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement