Keunikan Desain Masjid Sehitlik

Selasa , 28 Dec 2021, 08:16 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Sehitlik di Jerman.
Masjid Sehitlik di Jerman.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Sehitlik menonjolkan nuansa arsitektur khas Utsmaniyah. Denah bangunan itu berupa persegi panjang. Tepat di dekatnya, yakni pada sisi barat, terhampar lahan perma kam an, termasuk kuburan sang dubes Ali Aziz Efendi.

 

Terkait

Bangunan pusat keislaman itu memiliki sebuah kubah besar dan dua menara lancip, yang menunjukkan ciri unik arsitektur Utsmaniyah. Perancangnya diketahui bernama Hilmi Senalp, yang juga kawan dekat presiden Turki saat ini, Recep Tayyip Erdogan.Karya-karya Senalp dapat dijumpai pula di Tokyo (Jepang) dan Turkmenistan.

Baca Juga

Dari awal pembangunannya hingga beberapa kali renovasi, masjid ini sudah mengalami perluasan. Saat ini, masjid ter sebut memiliki luas 1.360 meter persegi yang terdiri atas empat lantai, yaitu basement, lantai dasar, lantai satu, dan dua. Luas ini belum termasuk kantor pengurus masjid dan minimarket yang berdiri di halaman.

Dengan taman dan pemakaman, luas kompleks masjid itu mencapai 2.805 meter persegi. Lantai paling ba wah Masjid Sehitlik difungsikan sebagai aula serbaguna. Lantai dasar awalnya hanya dipakai untuk ruang shalat. Ke mudian, bagian itu digunakan sebagai ruang rapat dan tempat-shalat tambahan. Adapun ruang shalat utama berada di lantai pertama. Pada lantai pertama pula, dua menara masjid itu berdiri. Lan tai di atasnya dibuat berbentuk bal kon dan digunakan sebagai tempat shalat wanita.