Rabu 29 Dec 2021 02:13 WIB

Kapan Seorang Mayit akan Ditanya Malaikat?

Setelah jenazah seorang muslim dikebumikan, maka dia akan ditanya malaikat.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Kematian (ilustrasi).
Foto: Dailymail.co.uk
Kematian (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Setelah jenazah seorang muslim dikebumikan, maka dia akan ditanya. Dan kapankah pertanyaan itu disampaikan kepada si Mayit?

Dikutip dari buku, Azab dan Nikmat Kubur karya Syaikh Husain bin Audah al Al-Awaisyah, Pertanyaan Malaikat terjadi setelah mayit dikubur. Suatu ketika, Rasulullah ﷺ  berkata (setelah seorang mayit dikubur):

Baca Juga

استَغفِروا لأَخيكُم ، وسلوا لَهُ التَّثبيتَ ، فإنَّهُ الآنَ يسألُ

“Mintakanlah ampunan kepada Allah untuk saudara kalian ini, dan mintalah keteguhan baginya dalam menjawab, karena dia sekarang ini sedang ditanya.” (HR Abu Dawud).

Kemudian dua Malaikat datang menanyai mayit. Nama dan sifat dua Malaikat ini disebutkan dalam riwayat Abu Hurairah; Bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda:

إذا قُبِرَ الميتُ أتاه ملكانِ أسودانِ أزرقانِ، يُقالُ لأحدِهما المنكرُ والآخرُ النكيرُ فيقولانِ ما كنتَ تقولُ في هذا الرجلِ؟ فيقولُ ماكان يقولُ هو عبدُ اللهِ ورسولُه أشهدُ أن لا إلهَ إلا اللهُ وأن محمدًا عبدهُ و رسولُهُ فيقولان قد كنا نعلمُ أنك تقولُ هذا

“Jika seorang mayit telah dikubur, maka dua Malaikat yang hitam dan bermata biru akan mendatanginya, yang satu bernama Munkar dan lainnya bernama Nakir. Mereka berdua bertanya: ‘Apa yang engkau ketahui tentang orang ini?’ Mayit itu pun menjawab: ‘Dia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya, aku bersaksi bahwasanya tiada ilah yang berhak diibadahi kecuali Allah, dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.’ Kedua Malaikat itu berkata: ‘Aku sudah tahu bahwa kamu akan mengatakan seperti ini.’” (Lafazh ini diriwayatkan At-Tirmidzi dan Ibnu Abu Asyim dalam as-Sunnah)

Sementara itu, Mayit juga disebut mendengar suara sandal para pengantar ketika mereka pulang dari pemakaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement