Rabu 29 Dec 2021 03:15 WIB

Akal Mayit Dikembalikan di Alam Kubur?

Apakah akal mayit dikembalikan di alam kubur?

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Kematian (ilustrasi)
Foto: Dailymail.co.uk
Kematian (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Setiap muslim yang wafat, maka jasadnya akan dikebumikan, dan bagaimana dengan akal mayit. Apakah akal mayit akan dikembalikan di Alam Kubur? Hal ini pernah dijawab oleh Rasulullah ﷺ. 

Dikutip dari buku Dikutip dari buku, Azab dan Nikmat  Kubur karya Syaikh Husain bin Audah al Al-Awaisyah, dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu Anhuma:

Baca Juga

أنَّ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ ذَكَرَ فَتَّانَ القبرِ فقال عمرُ أَتُرَدُّ عَلَيْنَا عُقَولُنا يَا رسولَ اللهِ فقال رسولُ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ نَعَمْ كَهَيْئَتِكُمْ اليومَ فقالَ عمرُ بفِيهِ الحجرُ

“Rasulullah pernah menuturkan ihwal siksa kubur, lalu Umar bertanya: ‘Apakah akal kita akan dikembalikan, wahai Rasulullah?’ Beliau ﷺ menjawab: ‘Ya, seperti keadaan kalian sekarang.’ Umar berkata: ‘Namun mulutnya tersumbat batu.’" (Diriwayatkan oleh at-Thahawi dalam kitab Masykal al-Atsar dan Ahmad di dalam al-Musnad, serta diriwayatkan dalam kitab ash-Shahihah).

Sementara itu, tidak ada seorang pun yang dapat selamat dari himpitan liang kubur ini, bahkan anak kecil sekalipun.  Rasulullah ﷺ bersabda: إِنَّ لِلْقَبْرِ ضَغْطَةً، فَلَوْ نَجَا أَوْسَلِمَ أَحَدٌ مِنْهَا، لَنَجَا سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ “Sungguh, kubur itu memiliki himpitan. Seandainya seseorang dapat selamat darinya, niscaya selamatlah Sa’ad bin Muadz." (HR Ahmad, Ibnu Hibban dan ath-thabrani).

Diriwayatkan dari Abu Ayyub Radhiyallahu Anhu, أن صبيًّا دُفن فقال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم: (لو أفلت أحد من ضمة القبر لأفلت هذا الصبي) “Pernah ada seorang anak kecil dikubur, lalu Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Seandainya seseorang dapat selamat dari himpitan kubur, niscaya anak ini akan selamat.’” 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement