Rabu 29 Dec 2021 17:00 WIB

 Australia Ubah Aturan Pengujian Tes Covid-19

Australia akan berupaya membuat perubahan mendesak pada aturan pengujian Covid-19.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Anggota antrean publik untuk mengikuti tes COVID-19 di Sydney, Selasa, 28 Desember 2021. Negara bagian Victoria dan Queensland di Australia melaporkan tingkat infeksi virus corona harian baru pada hari Selasa ketika tekanan pada pusat pengujian mendorong seruan untuk penggunaan yang lebih luas dari tes cepat tes antigen.
Foto:

Kasus antrean panjang ini seiring dengan infeksi yang melonjak. Beberapa pusat pengujian di Sydney ditutup setelah hari libur umum dan yang buka memiliki antrean  yang panjang. "Ini gila. Mengapa semua pusat pengujian ditutup?" kata Hayden Anderson yang berjuang melawan kanker hati.

Anderson menjalani tes PCR setelah seorang teman yang ditemui sebelum Natal dinyatakan positif. Ketika dia pergi untuk tes lanjutan, klinik itu ditutup.

Setelah melihat antrean panjang di pusat pengujian lain, pria berusia 45 tahun ini memutuskan untuk melakukan tes antigen cepat di rumah. Namun, dengan kasus yang melonjak dia khawatir mungkin berjuang untuk mendapatkan tes PCR, seperti yang dipersyaratkan, menjelang janji kemoterapi berikutnya pada 11 Januari. "Ini seperti berjalan di atas tali sekarang," katanya. 

Australia berada dalam cengkeraman wabah varian Omikron yang sangat menular. Infeksi harian baru di negara itu melonjak menjadi hampir 18.300, melampaui tertinggi pandemi sebelumnya sekitar 11.300 yang terjadi pada Selasa (28/12).

Kasus di sebagian besar negara bagian naik ke rekor satu hari dengan New South Wales yang merupakan negara bagian terpadat di Australia. Wilayah ini melaporkan infeksi hampir dua kali lipat menjadi 11.201.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement