Cerita Lancarnya Uji Coba Umroh 84 Anggota Amphuri

Ahad , 02 Jan 2022, 10:15 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Cerita Lancarnya Uji Coba Umroh 84 Anggota Amphuri. Foto:   Tim advance mitigasi sistem umrah di masa pandemi Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) terbang malam ini. Tim ini diberangkat untuk mempelajari langsung pelaksanaan umrah dengan segala aturan dan protokol kesehatan yang diberlakukan Pemerintah Arab Saudi maupun Indonesia.
Cerita Lancarnya Uji Coba Umroh 84 Anggota Amphuri. Foto: Tim advance mitigasi sistem umrah di masa pandemi Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) terbang malam ini. Tim ini diberangkat untuk mempelajari langsung pelaksanaan umrah dengan segala aturan dan protokol kesehatan yang diberlakukan Pemerintah Arab Saudi maupun Indonesia.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Uji coba umroh 84 pimpinan pemilik travel anggota Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) berjalan lancar. Kelancaran uji coba umroh sudah terasa oleh rombongan sejak di bandara Tanah Air.

 

Terkait

"Alhamdulilah rombongan perdana unsur pimpinan PPIU anggota Ampuri yang berangkat ke Tanah Suci tanggal 30 dan tanggal 31 jam satu tiga puluh satu dini hari tiba dengan selamat di Jeddah," kata Ketua Amphuri Firman M Nur, saat dihubungi Republika, kemarin.

Baca Juga

Firman menceritakan, bagaimana kelancaran proses kedatangan di airport Jeddah. Di sana kata dia semua proses yang dilalui oleh 84 rombongan Amphuri berjalan sengat lancar tidak ada hambatan

"Artinya memang pemerintahan Saudi Arabia semenjak membuka pintu umroh bagi jamaah Indonesia ke tanah Suci telah memberikan, menetapkan prosedur kedatangan yang sangat mudah," ujarnya.

Saat tiba di Jeddah, rombongan hanya melalui cek pemeriksaan bukti PCR yang sah dari tiga laboratorium yang di tunjuk oleh GACA, yaitu Kartika Pulau Mas dan dua laboratorium lainnya . 

"Hanya itu saja pemeriksannya,"katanya.

Karena secara vaksinasi telah melakukan skrening sistem ketika mengajukan vis dan selanjutnya para pimpinan PPIU dari anggota Amphuri langsung menuju imigrasi. Pada tahapan proses imigrasi di Saudi Arabia juga sangat lancar dan keadaan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang antriannya bisa sampai tiga jam.

"Kita tidak lama mengantri di imigrasi, proses sangat cepat dan petugas-petugas imigrasi sekarang sudah punya mental servis yang cukup baik," katanya.

Setelah selesai proses kemigrasian, rombongan langsung mengambil bagasinya masing- masing. Setelah itu rombongan keluar dan disambut dengan hangat oleh pihak muasasah sebagian daripada tendor yang melayani pimpinan PPIU yang bekerja sama dengan Ampuri.

Rombongan kata Firman disambut dengan sangata romantis oleh para muasasa dengan tradisi Arab yaitu mereka membagikan kurma dan manisan serta setiap peserta mendapatkan bunga. Bunga mawar merah ini dibentuk dengan sangat indah dikalungkan kepada para rombongan. 

"Ini bagian daripada sambutan yang sangat sangat terbuka dan sangat welcome dari mereka terhadap kedatangan jamaah dari Indonesia," katanya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini