Ahad 02 Jan 2022 22:38 WIB

Sholat Istikharah dan Keutamaannya

Diriwayatkan Nabi Muhammad mengajarkan sahabat untuk melakukan Sholat Istikharah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Sholat (ilustrasi)
Foto:

Dengan ritual ini, kita sebagai makhluk ciptaan-Nya berserah sepenuhnya kepada Tuhan. Menyerahkan jiwa dan harapan di tangan-Nya, lalu berserah diri dalam damai apapun hasilnya nanti.

Semua rasa stres dan kecemasan dalam mencoba memprediksi masa depan dan mempertimbangkan setiap kemungkinan lenyap, karena telah menaruh kepercayaan pada Yang Maha Mengetahui, Yang Maha Lembut.

Istikharah adalah mengakui bahwa manusia tidak memenuhi syarat untuk membuat pilihan terbaik, maka kita meminta Allah SWT untuk mengambil alih urusan kita.

Hasil dari Istikharah bukan berupa mimpi atau tanda yang kita tunggu-tunggu. Melainkan, kita menempatkan jiwa dalam tanggung jawab Allah SWT dan percaya bahwa Dia akan membimbing kita ke jalan yang benar di jalan-Nya.

Begitu selesai berdoa, kita bisa berhenti khawatir dan merasa tenang. Manusia bisa menggunakan kebijaksanaan, wawasan, saran dari orang lain, serta keterampilan memecahkan masalah untuk sebisa mungkin membuat keputusan terbaik. 

 

Namun, apa pun yang telah dipilih sejak saat itu dan seterusnya akan menjadi bagian dari kebijaksanaan dan kasih sayang-Nya, serta akan menjadi yang terbaik bagi kehidupan di dunia dan di akhirat. Kelegaan dan kedamaian batin yang dibawa Istikharah ke dalam jiwa kita tak ternilai harganya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement