Selasa 04 Jan 2022 01:59 WIB

Kenakan Pakaian Baru, Baca Doa ini

Keutamaan Ucapkan Doa ini Saat Kenakan Pakaian Baru

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Pakaian (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Pakaian (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Dzikir adalah salah satu cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW pun senantiasa berdzikir setiap saat, termasuk ketika mengenakan pakaian baru.

Dzikir juga merupakan cara agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa meski maksiat yang dilakukan sebanyak buih di lautan. Sesungguhnya dzikir adalah karunia yang besar bagi orang-orang yang melakukannya.

Baca Juga

Rasulullah SAW senantiasa mengucapkan doa saat hendak mengenakan pakaian. Doa yang diucapkan saat mengenakan pakaian ini memiliki faedah menghapus dosa-dosa. Karena itu, salah satu doa yang dianjurkan untuk selalu disebutkan adalah saat mengenakan pakaian terutama pakaian baru.

Dalam riwayat-riwayat hadits, ada beberapa doa yang diucapkan Rasulullah SAW saat mengenakan pakaian.

Dalam riwayat Muadz bin Anas, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang memakai pakaian kemudian berdoa 'ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﻛَﺴَﺎﻧِﻰ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺜَّﻮْﺏَ ﻭَﺭَﺯَﻗَﻨِﻴﻪِ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﺣَﻮْﻝٍ ﻣِﻨِّﻰ ﻭَﻻَ ﻗُﻮَّﺓٍ' , maka akan diampuni dosanya yang lalu dan akan datang." (HR Abu Dawud)

'Alhamdulillahilladzi kasaanii haadzat tsauba wa rozaqonihi min ghoiri haulim minnii wa laa quwwatin'. Arti doa tersebut adalah: "Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku."

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement